Friday, July 10, 2020

BRAIL Satu Lab Segudang Prestasi





Kamis, 02 Juli 2020 LPM Paradigma berkesempatan untuk mengunjungi salah satu lab yang ada di Polibatam yakni BRAIL. Apa itu BRAIL? BRAIL merupakan singkatan dari Barelang Robotic and Artificial Intellegence Lab. Awalnya tim robot ini sudah ada sejak tahun 2005, namun nama BRAIL sendiri baru resmi pada Tahun 2019.

BRAIL memiliki 6 divisi yang dibentuk untuk mengikuti perlombaan kontes robot Indonesia. Ada Indonesia ABU-Robocon Robot Contest, Indonesian Fire Fighting Indonesian Robot Contest, Indonesian Dance Robot Contest, Indonesian Flying Robot Contest, Indonesian Soccer Robot Contest, dan Indonesian Soccer Robot Contest atau Kontes Robot Sepakbola Indonesia terdiri dari dua bagian yakni humanoid dan meroda.

Selain divisi kontes tersebut, BRAIL juga memiliki divisi lain yang diperuntukkan untuk membuat project, terdapat project based learning yang dimana setiap mata kuliah langsung diimplementasikan di lab, sehingga mahasiswa bisa langsung belajar di lab tersebut. Contohnya adalah Robot Arm Sis Axis untuk menggerakkan lengan, robot manipulator dan lain sebagainya.

BRAIL pada awal pembentukannya merupakan lab untuk kegiatan non akademis, namun sekarang BRAIL juga digunakan untuk menunjang pembelajaran karena ada program based learning. Untuk project dimasa pandemi Covid-19 ini sedang dikembangkan yaitu Project Covid. Ada Robot UV, dinavigasikan dengan remote control yang digunakan di koridor-koridor Polibatam. Robot UV Box, mensterilisasi alat-alat yang akan digunakan untuk praktikum, baik sebelum digunakan maupun sesudah digunakan untuk menghindari dari jangkauan virus. Robot pendeteksi penggunaan masker, ketika ada orang yang tidak menggunakan masker robot tersebut akan otomatis memberikan informasi untuk segera memakai masker.

Selain itu ada disinfectant chamber yang digunakan untuk mensterilisasi tubuh ketika mahasiswa atau orang lain berkunjung di Polibatam.

BRAIL sendiri memiliki anggota yang berasal dari berbagai jurusan terutama Teknik Elektro baik Prodi Elektronika, Robotika, Instrumentasi, Elektronika Manufaktur, dan Mekatronika. Namun tidak menutup kemungkinan untuk jurusan lain seperti Teknik Mesin dan Manajemen bisnis untuk turut bergabung dengan BRAIL. Terbukti dengan adanya perekrutan anggota dari Manajemen Bisnis, dikarenakan BRAIL sendiri masih kewalahan dalam hal membuat laporan ketika ikut perlombaan serta menyusun laporan keuangan sehingga anggota yang berasal dari manajemen bisnis sangat dibutuhkan.

Prestasi BRAIL tidak perlu diragukan lagi, BRAIL pernah meraih juara 3 dan 4 divisi humanoid dalam kontes internasional di Kanada dan Jepang, serta meraih juara 1 dalam kontes nasional di Semarang. Tiap tahun BRAIL selalu membuka recruitment untuk anggota baru dengan tahapan seleksi, buat kalian yang tertarik, mari cari tau selengkapnya!

Narasumber : Pak Dodi
Sumber Gambar : Dokumentasi LPM
Penulis: Wii
Reporter : Dimas P. Yoga, Salwa Anisa

0 komentar:

Post a Comment