Wednesday, July 8, 2020

BRAIL Ciptakan Alat Ventilator Portable


Tim Robot Polibatam berkreasi untuk menciptakan alat untuk membantu melawan Covid-19, salah satunya yaitu Ventilator Portable. Alat tersebut diciptakan oleh Barelang Robotics and Artificial Intelegence Lab (BRAIL). Ventilator Portable merupakan alat yang berfungsi untuk membantu menyuplai oksigen ke pasien tanpa kontak langsung dengan alat maupun pasien. 

Dalam proyek pembuatan Ventilator Portable ini di buat oleh tim dari BRAIL Polibatam yang terdiri dari tiga orang yaitu Febri Alwan Putra (Prodi Mekatronika Semester 8), dan 2 rekan timnya yaitu Junito Suroto dan Taufik Tegar. Menurut keterangan Febri alat ini umumnya digunakan di Rumah Sakit yang menangani pasien terdampak Covid-19. Cara kerja alat ini yaitu menggunakan motor blower seperti vacuum dimana alat ini secara otomatis dapat memompa oksigen ke pasien. Penggunaan Ventilator Portable 1 unit hanya dapat digunakan oleh 1 pasien saja, tetapi dapat digunakan secara bergantian dengan cara mengganti filter oksigennya.

Proses pembuatan alat ini diperlukan waktu kurang lebih 4 bulan. “Terhitung mulai awal maret sampai akhir Juni kemarin, kami membuat Ventilator Portable ini,” ungkap Febri. Dalam kurun waktu 4 bulan tersebut tim ini sudah membuat 2 jenis Ventilator Portable. Untuk pemasarannya, nantinya alat ini akan dipasarkan ke rumah sakit jadi nantinya tim ini akan membuat lebih banyak alat Ventilator Portable jika ada pesanan dari rumah sakit. 

Menurut Febri kendala yang dialami selama pembuatan yaitu harus mempelajari ilmu medis terlebih dahulu karena pada dasarnya alat ini digunakan dalam dunia medis juga, jadi harus relevan dengan alat yang nantinya diproduksi. “Dan tentunya dalam pembuatan alat banyak melalui trial and error demi mewujudkan alat yang seperti ini," ujar Febri. Febri juga menambahkan untuk penggunaan alat ini nantinya akan dilakukan uji coba atau riset oleh tenaga medis dahulu untuk mengetahui uji kelayakan sebagai alat medis.  

Harapannya dengan diciptakan Ventilator Portable ini dapat membantu tenaga medis dalam merawat pasien Covid-19 sebagai bentuk kontribusi Polibatam dalam membantu pemerintah untuk menanggulangi pandemi ini. Tetap semangat dan terus berkarya BRAIL Polibatam.                              

Narasumber : Febri Alwan Putra
Sumber Gambar : Dokumentasi LPM
Penulis : Rahma A. Savarini
Reporter : Dimas P. Yoga, Salwa Anisa

0 komentar:

Post a Comment