Wednesday, April 22, 2020

Polibatam Distribusikan APD Guna Melawan Covid-19


Sebagai salah satu bentuk kontribusi dalam melawan virus yang sedang mewabah di Indonesia, Politeknik Negeri Batam untuk pertama kalinya mendistribusikan beberapa APD (Alat Pelindung Diri) ke beberapa fasilitas kesehatan (Faskes Pratama), puskesmas, dan rumah sakit yang ada di Kota Batam dengan jumlah total 151 faskes. Pendistribusian ini dilakukan secara bertahap yang dimulai dari awal April sesuai dengan stok hasil produksi hingga saat ini masih berlanjut.

Untuk produksi beberapa APD seperti face shield dan masker dilakukan sejak akhir bulan Maret. Hingga saat ini Polibatam sudah membagikan APD berupa Face Shield sebanyak 1000 (untuk faskes pratama, puskesmas, dan rumah sakit di Kota Batam), masker kain sebanyak 1000 lembar serta Hand Sanitizer sebanyak 40 liter dan 310 botol (untuk masyarakat yang kurang mampu/terdampak Covid-19). Selain itu, Polibatam juga memproduksi beberapa APD lainnya seperti baju Hazmat, Bilik Sterilisasi, Ventilator Portable & Robot UVC, Aplikasi Self-Risk Assessment, WebGIS, dan Konten Multimedia “Pencegahan Covid-19 untuk Masyarakat” yang baru selesai dirilis.

Gerakan ini dikoordinasi oleh P2M Polibatam dan menjadi bentuk pengabdian kepada masyarakat khususnya di Kepulauan Riau. Menurut Yosi Handayani selaku ketua pembina distribusi APD dana untuk memproduksi barang APD ini dari realokasi dana penelitian dan pengabdian masyarakat di P2M, realokasi bahan habis pakai jurusan, dan donasi yang dikumpulkan oleh Ikatan Alumni (IA Polbat) sebesar Rp16.180.000, serta open donasi dari masyarakat via rekening donasi yang diposting di media sosial. "Dalam proses pembagian  APD dikoordinasi oleh tim donasi yang dibentuk oleh Polibatam (dosen dan staf) dan disupport oleh relawan dari mahasiswa," ungkap Yosi Handayani.

Untuk jumlah relawan yang turun membagikan berjumlah 6 orang.  Perekrutan relawan dari mahasiswa dilakukan melalui via Whatsapp yang dikoordinir oleh ketua kelas masing – masing. “Kendala yang dialami saat distribusi di lapangan yaitu ketika mencari alamat faskes pratama yang berjumlah 85 faskes. Banyak yang tidak diketahui posisi lokasinya” tambahnya.

Dengan pendistribusian APD diharapkan dapat melawan penyebaran Covid-19 dan tentunya bermanfaat bagi petugas kesehatan yang menjadi garda terdepan menanggulangi wabah ini. Tetap jaga kesehatan dan terapkan social distancing sesuai dengan himbauan pemerintah. Semoga wabah ini cepat berlalu ya, Aaminn.

Sumber berita : @polibatamofficial
Narasumber : Yosi Handayani
Reporter : Puput
Penulis : Rahma A. Savarini
Sumber Gambar : Dokumentasi Relawan

0 komentar:

Post a Comment