Friday, March 6, 2020

Tidak Disampaikan di Senat Terbuka, Kemanakah Larinya Aspirasi Mahasiswa?




Rabu (4 Maret 2020) telah dilaksanakan Rapat Senat Terbuka Pemilihan Direktur Politeknik Negeri Batam Tahun 2020. Setelah itu, diadakanlah senat tertutup sesuai dengan rangkaian acara tahap penjaringan, untuk menghasilkan tiga orang bakal calon direktur. Tiga orang calon direktur yang berhasil lolos tahap penjaringan ini adalah Bapak Uuf Brajawidagda, S.T., M.T., Ph.D., Bapak Bambang Hendrawan, S.T., M.S.M., dan Bapak Muhamad Zaenuddin, S.Si., M.Sc.

Namun, dalam rangkaian acara Senat Terbuka, tidak ada penyampaian pertanyaan maupun aspirasi mahasiswa secara langsung kepada para bakal calon direktur oleh senat. Padahal, sebelumnya mahasiswa sudah mengumpulkan aspirasi melalui BEM yang kemudian diberikan kepada Senat. Hal ini sontak membuat para mahasiswa bertanya-tanya, kemanakah larinya aspirasi mahasiswa tersebut?

Menurut Bapak Sudra Irawan selaku Ketua Panitia Pemilihan Direktur Tahun 2020, aspirasi dan pertanyaan mahasiswa sudah disampaikan di senat tertutup tempo hari. "Kami senang sekali membacanya, ada sampai 118 halaman. Hal ini juga sudah disampaikan ke direktur kita dan ketiga bakal calon direktur terpilih, semuanya membaca. Tidak hanya aspirasi mahasiswa, ada dosen juga. Semuanya sudah kami sampaikan untuk kebaikan kita bersama." Ungkapnya.

"Sesuai judulnya, kan ini hanya penyampaian visi misi, jadi tidak ada tanya jawab. Kemudian juga jika diadakan sesi tanya jawab akan terlalu lama dan biasanya jawaban bakal calon direktur ini tidak terbuka. Kita ingin sih, penyampaian aspirasi ini dilakukan secara tertutup dan untuk satu orang saja. Jadi benar-benar fokus ke satu orang." Lanjutnya lagi.

Beliau juga menyampaikan peraturan terkait penyampaian aspirasi ini tidak wajib dilakukan secara langsung. "Menurut hasil keputusan rapat senat juga keputusannya adalah penyampaian aspirasi itu dilakukan satu arah saja." Jelasnya lagi.


Narasumber: Bapak Sudra Irawan, S.Pd.Si., M.Sc. (Ketua Panitia Pemilihan Direktur Politeknik Negeri Batam 2020)
Reporter: Salwa Anisa
Ditulis oleh: Puput
Sumber gambar: Dokumentasi LPM

0 komentar:

Post a Comment