Saturday, February 22, 2020

KTTM Diundur, ini kata DLM





Sesuai dengan perencanaan Dewan Legislatif Mahasiswa (DLM) pada acara PORSI(11/2), yaitu diadakannya Kongres Tingkat Tinggi Mahasiswa (KTTM) pada tanggal 21 Februari 2020. Namun pada tanggal 20 Februari, DLM memutuskan untuk mengundur pelaksanaan KTTM hingga 21 Maret 2020. Hal ini diumumkan lewat akun Instagram @dlmpolibatam pada tanggal 21 Februari. Pengumuman ini sontak membuat banyak mahasiswa bertanya-tanya, kenapa mundur hingga 1 bulan dari jadwal yang di rencanakan?

Tim LPM akhirnya berhasil menemui DLM untuk mengklarifikasi penyebab kemunduran KTTM. "Untuk pertamanya, kami mohon maaf kepada seluruh mahasiswa atas keterlambatan ini. Terkait alasan pengunduran ini, yang pertama, kami ada landasan yaitu UU Ormawa no. 6 Tahun 2018 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan Politeknik Negeri Batam. Kemudian yang kedua, ada TAP BK No. 001/TAP-DLM/BK/I/2018 tentang Panduan Internal Dewan Legislatif Mahasiswa tentang Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan itu ada di Pasal 6. Lalu alasan selanjutnya adalah terkait KTTM, itu ada syarat-syarat yang masih harus dipenuhi jika nanti diselenggarakannya KTTM, sedangkan syarat-syarat tersebut belum ada. Karena memang aturan tentang KTTM sendiri itu mengacu kepada Undang-Undang Dasar KM Polibatam. Nah, sejauh ini kendala dari Komisi III DLM yang menghandle KTTM ini adalah di organigram yang sempat menuai perdebatan antara DLM dengan BEM, lalu BEM dengan HMJ." Jelas Charles Dwi Kurnianto, Ketua Umum DLM 2020.

"Kami juga sudah konfirmasi dengan rekan-rekan BEM dan HMJ tentang keputusan pengunduran ini dan mereka memahami alasan diundurnya KTTM ini." Lanjut Charles saat ditanyai mengenai tanggapan DLM mendengar suara-suara yang muncul setelah DLM mengumumkan pengunduran KTTM ini. M. Ammar, Ketua Komisi III DLM turut menambahkan, "Sebenarnya pro kontra ini adalah hal yang biasa di dunia demokrasi, cuma mungkin "miss" nya kami adalah kami belum memberitahukan pemahaman bahwa proses dalam pembentukan undang-undang itu tidak seperti membalikkan telapak tangan." 

Dalam kesempatan ini juga pihak DLM meminta maaf kepada seluruh mahasiswa terkait pengunduran KTTM ini.

Narasumber: Charles Dwi Kurnianto (Ketua Umum DLM 2020), M. Ammar (Ketua Komisi III DLM 2020) 
Reporter: Salwa Anisa, Raymeizard
Ditulis oleh: Puput
Sumber gambar: Dokumentasi LPM

0 komentar:

Post a Comment