Sunday, March 25, 2018

Diklat Jurnalistik Perdana

Diklat Jurnalistik Perdana
Diklat Jurnalistik –Diklat jurnalistik dengan pemateri Nurul Mahfud
LPM Paradigma, Batam – Sebuah langkah baru kini dimulai oleh kru LPM Paradigma. Periode baru dibuka dengan menimba ilmu jurnalistik. Diklat Jurnalistik yang disampaikan oleh alumni LPM Paradigma, Nurul Mahfud, mengangkat tema “Menulis Berita dan Feature”, minggu (4/3) di ruang 202, Politeknik Negeri Batam.
Ada dua tema yang dibahas oleh Nurul, yaitu Straight News dan Feature. Namun, karena keterbatasan waktu, ia hanya menjelaskan tentang Straight News.
Straight News atau berita langsung memiliki sifat to the point, berupa fakta, tanpa analisis dan tanpa ada tambahan”, jelasnya.
Selain itu, ia juga menjelaskan ketika menulis judul berita, sebaiknya singkat, gunakan kalimat aktif, dan tidak lebay atau berlebihan. Satu kunci untuk membuat judul yang baik yaitu dengan memperbanyak dan memahami diksi atau pilihan kata.
Setelah memaparkan pembahasan secara rinci, Nurul mengajak kru LPM untuk belajar menyusun berita yang masih acak. Kemudian, kru LPM secara langsung berlatih membuat sebuah berita. Antusias kru LPM yang begitu tinggi membuat suasana Diklat menjadi tidak tegang dan enjoy.
“Seru, namun waktunya begitu singkat”, ujar salah satu kru LPM.
Diklat Jurnalistik ditutup dengan pemberian plakat oleh Pimpinan Umum LPM Paradigma, Davied Dehna kepada Nurul Mahfud. Dilanjutkan dengan sesi foto bersama kru LPM dengan Nurul Mahfud. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan kru LPM Paradigma lebih mahir dalam menulis sebuah berita. (as)

0 komentar:

Post a Comment