Saturday, February 24, 2018

Yuk Menghargai, Sebelum Dihargai!

Yuk Menghargai, Sebelum Dihargai!
Oleh : Asri Safrinawati

Sering kali kalian melihat banyak orang disekeliling kita tidak bisa menghargai orang lain. Entah itu ketika sedang berada disuatu forum, di kelas, di jalan, ataupun sedang bercengkrama dengan teman sejawat. Yah, memang tak bisa dipungkiri atas hal itu. Bahkan penulis sendiri pun masih sering tidak menghargai orang-orang disekeliling.
Namun, seringkah kalian berpikir kalau orang akan menghargai kalian jika kalian bisa menghargai orang lain? Yap, memang benar adanya. Jika kalian tidak bisa menghargai orang disuatu tempat, pasti kalian juga tidak akan  dihargai oleh orang. Itu adalah hukum yang sangat lumrah dizaman sekarang.
Nah, sekarang penulis akan menceritakan lebih tepatnya, bagaimana penyebab utama orang tidak bisa menghargai orang lain dan bagaimana cara sederhana untuk menyikapi hal tersebut.
Mungkin ada salah satu penyebab utama seseorang tidak bisa menghargai orang lain. Yuk disimak J
Salah satu penyebab utama sesorang tidak menghargai orang lain ialah memiliki sifat Egois. Egois adalah sifat yang dimiliki oleh manusia pada umumnya. Egois identik dengan rasa ingin menang sendiri, tidak memikirkan orang lain dan selalu menganggap orang sebelah mata. Kadang, orang yang memiliki sifat egois, tidak menyadari bahwa ia memiliki sifat tersebut. Jika seseorang memiliki sifat egois, pasti ia tidak akan pernah bisa menghargai seseorang ataupun sekelompok orang. Karena, ia merasa dirinya hebat, lebih baik dari orang lain, dan selalu mengabaikan pendapat orang lain. Sehingga, orang yang bersifat egois seringkali meremehkan orang yang berada disekitarnya.
Hal ini dapat diatasi jika kalian memiliki niat baik untuk dapat menghargai orang disekeliling. Salah satunya yaitu lebih terbuka kepada orang banyak. Misalnya, ketika ada forum atau sedang berada dikelas, jika ada orang yang berbicara di depan, sebaiknya didengarkan terlebih dahulu. Jangan menganggap remeh orang tersebut. Karena, butuh nyali yang sangat tinggi untuk seorang berdiri di depan dan berbicara kapada orang banyak. Kemudian, dengar apa yang orang tersebut katakan, jika menyimpang atau tidak sesuai dengan keinginan jangan disanggah terlebih dahulu. Catat poin-poin apa saja yang perlu ditanyakan. Jika orang tersebut telah selesai berbicara di depan, barulah itu kesempatan untuk menyanggah atau bertanya. Namun, lebih baik, gunakan bahasa yang sopan dan tidak terlalu mengkritik, sehingga orang yang berbicara di depan pun merasa senang dengan apa yang telah kita sampaikan.
Dengan begitu, orang lain pun pasti akan menghargai kita. Walaupun ini adalah hal kecil, namun jika diaplikasikan dengan baik, maka Insya Allah akan terjalin saling menghargai sesama.

0 komentar:

Post a Comment