Saturday, February 24, 2018

Percaya diri itu penting? Kenapa?

Percaya diri itu penting? Kenapa?
Oleh : Difa Aulia Rahmadhini

Kali ini kita mau bahas tentang percaya diri nih, kenapa percaya diri itu penting bagi semua orang? apalagi buat kamu yang suka mengikuti organisasi atau kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan orang banyak.
Nah, percaya diri itu apasih? Menurut Lauter (2002:4) kepercayaan diri merupakan suatu sikap atau keyakinan atas kemampuan diri sendiri sehingga dalam tindakan-tindakannya tidak terlalu cemas, merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang sesuai keinginan dan tanggung jawab atas perbuatannya, sopan dalam berinteraksi dengan orang lain, memiliki dorongan prestasi serta dapat mengenal kelebihan dan kekurangan diri sendiri.
Jadi kepercayaan diri itu diartikan juga dengan keyakinan dengan apa yang kita miliki dan berani mengungkapkannya kepada orang lain
. Kepercayaan diri bisa ditumbuhkan dari hal hal kecil disekitar kita, misalnya ketika rapat, ada informasi yang salah atau tidak sesuai, dan kita tau apa yang benar dan kita berani mengoreksi dan membenarkan, itu sudah termasuk kepercayaan diri.
Banyak orang yang masih belum memiliki kepercayaan diri. Masih belum mau menunjukkan ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya. Bukan karena mereka sombong dan pelit berbagi ilmu, hanya mungkin masih memerlukan latihan untuk menimbulkan rasa kepercayaan diri. Berikut adalah beberapa cara untuk melatih kepercayaan diri kamu :
1.      Berlatih mental
Berlatih mental merupakan hal yang penting dalam menumbuhkan rasa percaya diri seseorang, berlatih mental dapat dilakukan dengan sering berbicara didepan umum, mengemukakan pendapat disaat rapat atau forum-forum tertentu. Awalnya memang terasa berat dan malu pastinya, tetapi dari situlah kamu bisa melatih agar kedepannya lebih baik lagi.

2.      Menjadi diri sendiri
Mengapa harus menjadi diri sendiri? Karena setiap orang mempunyai gaya berbicara masing-masing dan itu bisa jadi hal yang menarik yang ada pada diri kamu.

3.      Berpenampilan menarik dan rapi
Penampilan menarik menjadi sangat penting karena supaya orang yang sedang memperhatikan kita saat berbicara tidak salah fokus dengan melihat penampilan kita yang aneh dan tidak rapi. Kerapian dalam berpenampilan juga berpengaruh terhadap penilaian dan pandangan seseorang terhadap kita.

So, buat kamu yang masih kurang percaya diri banyaklah berlatih untuk menambah rasa percaya dirimu. Dengan begitu kamu akan lebih leluasa dalam mengerjakan dan mencoba hal-hal baru didalam hidupmu.

0 komentar:

Post a Comment