Thursday, August 10, 2017

YUK! Pahami Jam Biologis Tubuhmu!

Belum banyak dari kita yang memahami dan mengenali jam biologis organ tubuh kita. Hal ini penting dipahami untuk menjaga kesehatan tubuh kita, karena masing-masing organ tubuh kita mempunyai jam kerjanya sendiri. Jadi ada saat-saat dimana organ tubuh sedang menjalankan fungsinya secara maksimal.

Sumber Gambar : www.kaskus.co.id
Rutinitas kita diawali dengan sarapan di pagi hari, menjalankan aktifitas sepanjang hari, dan seterusnya hingga kembali tidur di malam hari. Rutinitas kita ini juga diikuti dengan berfungsinya organ tubuh kita sehingga jam biologis organ tubuh dapat teratur dengan baik. Bila Paradiggers kurang tidur dimalam hari atau begadang, hal ini bisa membuat jam biologis tubuh Paradiggers terganggu, dan bisa berakibat lesu atau mengantuk, Anda juga mungkin akan merasa lebih sulit berkonsentrasi di sepanjang hari. Hal ini terjadi karena aktivitas Anda tidak mengikuti jadwal atau jam biologis tubuh. Maka, sangat penting untuk memahami ritme alami tubuh kita.

Tubuh memiliki jam biologis yang mengatur berbagai fungsi organ sepanjang hari agar bekerja sesuai ritme yang telah ditentukan. Mulai dari jantung, usus hingga sistem hormonal mengalami perubahan sejak pagi hari hingga tengah malam.

Setiap organ tubuh kita memiliki jadwal-jadwal tertentu saat organ tersebut bekerja lebih maksimal atau justru beristirahat. Memahami jadwal dan ritme tubuh kita sendiri akan sangat baik untuk membantu meningkatkan kinerja kita sehari-hari.

Pemilihan waktu adalah hal penting dalam banyak hal, termasuk kesehatan. Waktu memengaruhi hampir segala aspek dalam hal kesehatan dan kesejahteraan manusia. Lalu, bagaimana sebetulnya jam biologis bekerja? Berikut saya sudah merangkumnya untuk Anda.

Jam 07.00 – 09.00.
Pada waktu ini organ lambung sedang bekerja sangat baik sehingga dianjurkan untuk melakukan sarapan pagi. Waktu yang tepat untuk sarapan pagi adalah sekitar pukul 9 karena ada peningkatan metabolisme. Artinya lemak-lemak yang diserap dari makanan pada waktu-waktu tersebut tidak akan banyak yang menumpuk. Kalau Paradiggers tidak mau lambung bekerja terlalu berat, hindari makan makanan berat untuk sarapan. Yang paling baik adalah dengan minum jus atau makan buah segar agar penyerapan vitaminnya lebih maksimal.

Jam 09.00 – 11.00.
Jam ini adalah waktu dimana organ limpa sedang bekerja maksimal mengirimkan cairan nutrisi untuk pertumbuhan. Ibarat mesin diesel, tubuh dan pikiran sudah panas dan mencapai kondisi ideal untuk beraktivitas saat menjelang siang. Tingkat kewaspadaan tinggi, jarang ada yang mengantuk kecuali memang sedang kurang tidur. Jika pada jam ini Paradiggers merasa mengantuk, bisa jadi karena limpa Anda dalam kondisi lemah. Paradiggers disarankan mengurangi konsumsi gula, lemak, minyak, dan protein hewani.

Seumpama kondisi kesehatan mewajibkan Anda menjalani operasi, maka pukul 9 pagi adalah saat tepat. Menurut penelitian berdasarkan 90.000 operasi, risiko terendah adalah jika operasi berlangsung antara pukul 9 hingga 12 siang. Sementara risiko tertinggi ada di pukul 15 hingga 17 sore. Faktor penyebab tingginya risiko adalah staff yang lelah dan pasien stress akibat menunggu terlalu lama.

Jam  11.00 – 13.00.
Pada jam ini organ jantung sedang bekerja dengan maksimal, sehingga dibutuhkan istirahat sejenak dari aktivitas. Hindari aktivitas fisik dan jaga emosi pada jam-jam ini agar tidak membebani kinerja jantung, terutama bagi yang memiliki gangguan pembuluh darah. Oleh sebab itu gunakan waktu sekitar 15-30 menit untuk istirahat sejenak saat jam ini. Jeda istirahat dibutuhkan untuk memberi kesempatan bagi tubuh dan pikiran untuk menyegarkan diri. Makan siang di luar bisa menyegarkan pikiran, sekaligus membiarkan tubuh terkena sinar matahari yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Jam 13.00 – 15.00.
Melakukan banyak hal sekaligus atau multitasking paling cocok dilakukan pada siang hari, karena kemampuan otak untuk melakukan koordinasi berada pada titik tertinggi. Di sisi lain, proses pencernaan makanan belum selesai sehingga kemampuan fisik agak berkurang. Jam ini adalah waktu dimana kondisi liver sedang lemah, maka Paradiggers dianjurkan beristirahat sejenak. Karena dengan beristirahat proses regenerasi sel-sel hati menjadi maksimal.

Jika berencana olahraga di sore hari, makan sianglah pada pukul 1. Sistem pencernaan telah bekerja mencerna semua asupan dengan baik, jadi tinggal fokus pada memompa darah beroksigen ke otot untuk menunjang gerak tubuh. Biasanya Anda cenderung mengantuk setelah makan siang. Riset bahkan menunjukkan waktu persisnya pukul 14:16 Jika Anda merasakannya, coba lakukan gerakan peregangan atau sekadar berjalan di sekitar lingkungan kita.

Jam 15.00 – 17.00.
Pada jam ini kondisi paru-paru kita sedang lemah, Paradiggers dianjurkan tidak terlalu memaksa tubuh melakukan aktifitas yang berat. Bernapaslah secara perlahan dan teratur untuk mengembalikan energi paru-paru. Jika ingin berolahraga, sore hari adalah waktu paling tepat karena level adrenalin berada di level tertinggi. Selain itu, denyut jantung dan tekanan darah paling stabil sehingga cocok untuk melakukan aktivitas fisik.

Jam 17.00 – 19.00.
Pada rentang waktu ini fungsi hati memproses racun-racun sisa metabolisme secara maksimal, sehingga perlu didukung dengan minum air putih. Keinginan untuk ngemil juga tinggi karena kemampuan indra penciuman (hidung) dan perasa (lidah) meningkat.

Pada waktu ini ginjal juga berada dalam kondisi yang kuat. Pada jam ini terjadi proses pembentukan tulang dan sel-sel otak. Ini adalah waktu terbaik untuk belajar atau melakukan aktifitas yang melibatkan otak.

Bagi Paradiggers yang sedang diet, Anda tak hanya perlu menghindari asupan karbohidrat di malam hari. Periset di Brigham Young University menyebutkan, dengan setop makan antara pukul 7 malam hingga pukul 6 pagi adalah kunci menurunkan berat badan yang simpel dan efektif.

Jam 19.00 – 21.00.
Di waktu ini diharapkan Paradiggers sudah selesai makan malam karena lambung sedang dalam kondisi melemah. Diusahakan jangan mengkonsumsi makanan padat yang sulit dicerna lambung pada waktu ini, atau lebih baik Paradiggers berhenti makan. Karena aktivitas fisik berkurang, maka pembakaran energi tidak banyak terjadi di malam hari. Artinya jika makan di malam hari, maka cadangan energi yang disimpan dalam bentuk lemak juga akan semakin banyak.
Pada rentang ini juga batas waktu minum kopi yang disarankan. Efek kafein yang bisa bertahan antara tiga hingga lima jam dapat mengganggu tidur.

Jam 21.00 – 23.00.
Pada waktu ini terjadi pembuangan racun tubuh dan regenerasi sel limpa. Jika pada jam ini wajah kita terlihat pucat, artinya limpa kita mengalami gangguan. Pada ini juga waktu tidur datang dan kelenjar pineal di otak mengaduk-aduk hormon melatonin untuk membantu Anda tertidur. Suhu inti tubuh jatuh dan jam biologis tubuh mengatakan sudah waktunya untuk pergi ke kasur dan menarik selimut. Orang yang suka bangun pagi akan merasa kantuk lebih dulu sebelum orang-orang yang suka bangun siang.

Jika Paradiggers menderita asma, pukul 10 malam adalah saat tepat untuk menggunakan inhaler pencegah. Asma di malam hari adalah hal umum, penelitian telah menunjukkan serangan asma biasanya terjadi antara pukul 2 hingga 4 dini hari. Jadi gunakan inhaler pencegah dua kali sehari. Satu di siang hari, dan semalam mungkin sebelum tidur.

Jam 23.00 – 01.00.
Jantung kita akan melemah di waktu ini sehingga kita butuh tidur dan beristirahat dengan nyaman untuk pemulihan energi tubuh.

Jam 01.00 – 03.00.
Pada jam ini terjadi proses pembuangan racun hasil metabolisme tubuh. Pada waktu ini juga terjadi regenerasi sel-sel hati yang baru.

Pada rentang waktu 23:00 – 03:00 juga merupakan waktu yang baik dan benar untuk tidur. Perubahan hormon dalam tubuh mengatakan ini adalah waktunya untuk terlelap. Otak akan membersihkan racun-racun yang tidak berguna yang terbentuk ketika kita berpikir seharian. Jika Anda masih terjaga maka berhati-hatilah, tingkat kewaspadaan kita berada di titik terendah, mengakibatkan sejumlah kecelakaan kerja ketika bekerja malam hari.

Jam 02.30 – 4.30.
Pada waktu ini kondisi paru-paru kita dalam keadaan kuat dan terjadi pembuangan racun dan pembersihan kotoran di paru-paru. Bila paru-paru kita kotor, biasanya kita akan batuk, bersin, dan berkeringat di jam ini.

Jam 05.00 – 07.00.
Di waktu ini usus besar dalam keadaan maksimal sehingga biasakanlah buang air besar di jam ini agar kotoran, racun, dan sisa sistem pencernaan dapat dikeluarkan semuanya. Pada rentang pukul 06:00 - 08:59 adalah waktu yang paling rentan untuk jantung Anda. Sejumlah pembuluh darah dalam keadaan kaku dan bahkan lebih kaku, darah lebih kental dan lengket dan tekanan darah Anda berada pada puncaknya. Bagi penderita penyakit jantung, serangan jantung adalah risiko terbesar yang akan Anda hadapi, sehingga penderita penyakit jantung tidak dianjurkan untuk berolahraga di rentang waktu ini.

Jam biologis harian atau sirkadian hendaknya dibentuk sejak kecil. Demi mengefisienkan kerja tubuh, fungsi organ-organ tubuh, jam biologis harian seharusnya dibentuk. Tubuh tahu kapan biasa sarapan pagi, kapan tidur siang, saat mulai tidur malam, dan kapan waktunya jeda.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terganggunya jam biologis manusia. Perubahan zona waktu yang cukup drastis (jet lag), jadwal kerja (shift) yang tak menentu, gaya hidup, serta masalah pencahayaan alami berisiko menyebabkan jam biologis Paradiggers kacau. Seperti halnya gangguan lain pada tubuh, jam biologis yang tidak wajar pun bisa menimbulkan komplikasi.

Terganggunya jam biologis manusia berisiko menyebabkan berbagai masalah seperti insomnia, obesitas, diabetes tipe 2 (kencing manis), depresi, bipolar disorder, dan gangguan mood. Selain itu, jam biologis yang berantakan juga berisiko memengaruhi daya tahan tubuh. Ini karena produksi protein yang dibutuhkan oleh sistem imun menjadi tidak selaras. Maka, usahakan untuk selalu menepati jadwal yang sudah diatur secara alami oleh jam biologis Anda.

Dengan mengenal jam biologis tubuh kita tentunya kita dapat semakin memahami kinerja masing-masing organ di dalam tubuh kita, sehingga kita tidak salah dalam melakukan aktifitas yang malah membebani kinerja organ tersebut.

Gimana nih calon pemuda/i sukses dan kaya? Jangan lupa jaga kesehatan ya supaya suksesmu nggak pake lama, oke!


0 komentar:

Post a Comment