Saturday, May 13, 2017

Ekspresi dan Gesture Penting Bagi Fotografi Jurnalistik

LPM Paradigma, Batam – Kru-kru LPM Paradigma kembali mendapatkan ilmu jurnalistik yang berharga melalui diklat jurnalistik dengan pembicara Yusuf Hidayat, Koordinator Liputan Harian Batam Pos Sabtu (13/5) di ruang 208 Gedung Utama Polibatam. Diklat jurnalistik kali ini membahas mengenai fotografi jurnalistik dengan tema “Membidik  Ekspresi dan Gesture”.
Foto Bersama – kru LPM Paradigma berfoto bersama Yusuf Hidayat (empat dari kiri) dalam diklat jurnalistik fotografi yang diadakan Sabtu (13/5) di ruang 208 Gedung Utama Polibatam

Yusuf menjelaskan bahwa fotografi jurnalistik itu berbeda dengan fotografi biasa khususnya tujuannya. Fotografi biasa hanya memiliki tujuan untuk mengeksplore keindahan objek. Berbeda dengan fotografi jurnalitik yang bertujuan untuk mempengaruhi sasaran dalam hal ini para pembaca.

Fotografi bagi jurnalistik juga sebagai media untuk dokumentasi, pembuktian dan penggugah perasaan pembaca yang melihat foto itu. Misalnya ketika fotografer memotret pengemis di jalan yang semakin bertambah. Tujuannya untuk menyentil pemerintah dan menjadi bukti berita yang ditulis bahwa pengemis di jalanan semakin bertambah.

“Itulah mengapa ada ungkapan sebuah gambar lebih bermakna daripada ribuan kata” jelasnya.
Yusuf juga menjelaskan terdapat empat teknik dasar yang harus dikuasai oleh fotografer yaitu komposisi, ruang tajam, pencahayaan dan fokus. Keempat teknik ini dapat dikuasai dengan latihan dan pengalaman yang banyak. Kemudian ada juga konsep EDFAT (Entire, Detail, Framing, Angle dan Timing). Fungsinya untuk menghasilkan foto yang bercerita dan berurutan.

Kru-kru juga berkesempatan untuk melihat hasil foto-foto yang mengikuti teknik dan konsep yang dijelaskan tadi. Foto-foto tersebut terlihat mengagumkan dan berkualitas tinggi. Perpaduan bidang, warna, ruang dan pencahayaan membuat foto-foto tersebut terlihat hidup. Yusuf mengatakan butuh praktik langsung agar dapat menghasilkan foto seperti itu. Ia mengajak Paradigma untuk langsung berkunjung ke Batam Pos agar mendapatkan workshop lebih lanjut untuk mendalaminya.

Kegiatanpun diakhiri oleh pembawa acara ditandai dengan penyerahan plakat penghargaan oleh Pimpinan Umum LPM Paradigma Agin Septhi yang diterima oleh Yusuf Hidayat. Kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama seluruh kru LPM Paradigma. Kegiatan ini membawa harapan semakin meningkatnya kualitas SDM yang dimiliki kru demi mencapai standar jurnalistik yang sebenarnya. (bm)

0 komentar:

Post a Comment