Monday, April 17, 2017

Yuk, Perbaiki Tampilan Blog!

     Bagi kalian yang mempunyai blog, dan ingin mempercantiknya. Nih kami sediakan tips untuk membuat blog kamu jadi makin keren. Ada banyak bagian yang harus dilakukan untuk menghasilkan sebuah blog yang tampilannya tampak menarik dan cantik seperti milik kebanyakan blogger umumnya. Dan berikut poin penting yang harus anda perhatikan:

1.    Domain
Bagian ini mungkin menurut banyak orang tidak perlu di perhatikan, padahal blog akan tanpak professional kalau domain (alamat linknya) juga bagus. Nah pada tahap awal ini disarankan merubah domain blogspot anda. Mengapa demikian? Karena dengan melihat alamat blognya saja orang sudah bisa tahu bahwa ia dibuat dengan serius sehingga isi artikelnya juga paling tidak berbobot dan bisa dijadikan referensi, ini biasanya sudah bisa diputuskan oleh pengunjung saat pertama kali melihatnya di mesin pencari, apakah akan diklik untuk dikunjungi atau tidak, nah disinilah keuntungan yang sudah mempunyai blog .com. Tapi sebenarnya bukan cuma sampai disitu keunggulan dari blog dengan domain berbayar, masih banyak lagi.

a.  Merubah alamat
Banyak yang belum tahu kalau ternyata blogspot gratisan itu bisa dirubah jadi .com dengan lokasi servernya yang tidak berubah, yakni masih ditempatkan di blogspot, hanya saja domainnya sudah dirubah.

b.  Usahakan seo friendly dan mudah diingat
Memilih domain yang SEO Friendly di sini maksudnya adalah yang mengandung kata kunci, misal anda buat blog soal panduan buat email, maka usahakan saat membeli domain memilih minimal yang ada kata Email-nya walau tidak semua keyword yang diincar disertakan, misal emailbaru.com dan selainnya.

2.    Template
Ini sebenarnya poin penting jika kita ingin mempercantik tampilan sebuah blog agar terlihat menarik dan keren, karena dari bagian inilah kita melakukan pengeditan tata letak widget-nya, mengatur jarak letaknya, hingga mengganti warna latar, gambar dan lain sebagainya. Tapi karena berhubung ini pembahasannya panjang, kita bahasa satu per satu di bawah ini:
Bikin website telihat keren.

a.      Mengganti Template jadi Profesional
Untuk bisa memiliki template/skin atau tampilan blog yang menarik dan tampak bagus layaknya blogger professional maka syaratnya kita harus merombak semua, tapi soal ini bukan berarti kita harus rubah satu per satu kode scriptnya karena kalau bukan Programmer sudah pasti tidak akan bisa melakukannya.

b.      Menggunakan Widget
Untuk kepentingan tampilan saja mungkin anda akan menggunakan widget seperti Jam, gambar flash dan sebagainya, tapi untuk tujuan SEO sebaiknya jangan digunakan, lebih baik pakai widget yang baik untuk mensin pencari saja, seperti untuk Artikel Terpopuler dan Terbaru, Profil Google Plus dan Likenya, Fanpage Facebook atau Twitter. Selain yang disebutkan sebaiknya dihindari saja karena akan memperlambat loading blog. Dan untuk mendapatkan semua widget tersebut sudah tersedia di dalam blogspot anda. Caranya, pilih menu “Tata Letak” lalu tulisan biru “Tambahkan Widget” anda klik dan selanjutnya tinggal pilih jenis widget blog yang mana yang mau digunakan.

c.       Menata Warna dan style template
Terakhir untuk cara mempercantik blog dan membuatnya jadi menarik, mulai dari latar, sidebar, gambar, dan semua warna yang ada dalam template.

3. Menulis Artikel yang SEO Friendly
Walau semua teknik di atas telah dilakukan tapi artikel atau item pada tiap produk toko online anda tidak dibuat SEO Friendly maka bisa dibilang sia-sia saja. SEO sendiri adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari yang mana tujuannya adalah untuk membuat blog mudah terindeks oleh mesin pencari.


Semoga artikel bagaimana cara membuat blog menarik dan keren atau tepatnya mempercantik tampilan website ini bisa jadi rujukan terpercaya anda. Silahkan bertanya jika ada yang kurang dipahami, dengan senang hati kami membantu. Penulis juga menyediakan pelatihan mengelola blog buat pemula, baik pada Blogspot maupun yang menggunakan platform WordPress.

0 komentar:

Post a Comment