Tuesday, April 18, 2017

Demam Panggung

          Demam panggung adalah sebuah rasa ketakutan, kecemasan, kegugupan seseorang untuk berada atau tampil dihadapan orang banyak. Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas, demam panggung adalah kekhawatiran, ketakutan, atau fobia yang berhubungan dengan penampilan di depan penonton atau kamera. Secara garis besar, seseorang yang demam panggung akan merasakan ketakutan jika berada di depan banyak orang.

          Ada beberapa faktor yang membuat seseorang merasakan demam panggung. Faktor pertama yaitu kurangnya rasa percaya diri. Seseorang merasakan kurang percaya diri mungkin karena menganggap dirinya lebih rendah daripada orang lain. Selalu merasakan dirinya itu kurang. Hal ini dapat  menyababkan seseorang demam panggung. Faktor kedua yaitu jarang berada atau tampil di depan orang banyak. Hal ini sangat biasa terjadi. Orang yang tidak pernah berada di depan orang banyak, pasti ketika berada di depan orang banyak akan merasa canggung.

          Faktor ketiga yaitu banyak yang dipikirkan ketika akan tampil di depan orang banyak.  Mental akan jatuh ketika seseorang terlalu banyak pikiran. Ditambah lagi jika seseorang memiliki sebuah materi yang akan disampaikan. Apabila seseorang tersebut memiliki banyak pikiran, otomatis materi yang akan disampaikan bisa jadi hilang begitu saja.

          Faktor keempat yaitu rasa malu yang berlebihan. Sebenarnya setiap orang pasti memiliki rasa malu. Ada beberapa orang yang membawa rasa malu ketika berbicara di depan orang banyak.

          Ciri-ciri orang yang mengalami demam panggung biasanya pipi merah, badan bergemetar, tangan dingin, salah tingkah, jantung berdebar-debar, biasanya disertai keinginan ingin buang air, gagal fokus, bagi sebagian orang biasanya ia ingin selalu ‘kentut’, dan sebagainya. Ciri-ciri ini juga tergantung pada tiap-tiap orang.

          Ada 10 cara atau tips mengatasi demam panggung.
1  1.   Tumbuhkan rasa percaya diri.
Hilangkan rasa rendah kepada orang lain. Buatlah komitmen pada diri sendiri bahwa kalian bisa. Anggap saja orang banyak itu adalah teman bukan musuh.
2  2.  Berlatih berulang-ulang sebelum tampil
3  3.  Tarik nafas dalam-dalam agar lebih relaks.
    Hal ini dapat membuat detakan jentung lebih stabil.
4  4.  Kuasai materi yang akan dibawa ketika akan tampil di depan orang banyak.
5  5. Jangan berpikir negatif
   Biasanya ini terjadi ketika orang yang akan tampil memiliki banyak pikiran. Ia akan selalu      memikirkan hal yang tidak-tidak dan ini dapat menyebabkan pikirannya menjadi negative.    Jadi, ketika akan tampil di depan orang banyak, janganlah berpikiran negative.
6  6. Jangan panik
7  7. Jangan lupa berdo’a
   Ini adalah hal yang sangat sangat penting ketika akan tampil di depan orang banyak
8  8.  Pahami audience
9  9.  Kontrol emosi
110.  Dan jangan terburu-buru ketika berbicara atau tampil di depan orang banyak.

         Dengan memahami l tips tersebut, demam panggung tidak akan pernah terjadi pada setiap orang, karena demam panggung hanyalah ketakutan yang dapat membuat orang susah untuk berbicara di depan umum.

0 komentar:

Post a Comment