SHARING BERSAMA KRU LPM KETIK POLIMEDIA JAKARTA

Sharing bersama salah satu KRU LPM Ketika Polimedia

BARELANG ROBOTIC TEAM RAIH JUARA I KRSBI 2016

Tim robot Politeknik Negeri Batam, Barelang Robotic Team berhasil meraih juara 1 kategori KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia) dalam KRI (Kontes Robot Indonesia) 2016

LPM PARADIGMA TEMU DAN SHARING BARENG KRU BARU

LPM Paradigma menggelar temu dan sharing bersama kru baru di lapangan Harmoni kampus Polibatam

MEMPERINGATI HARI BUKU, BEM dan ATAP MERAH GELAR DISKUSI TERBUKA

EM Polibatam bersama Atap Merah menggelar diskusi terbuka bertemakan “MUAK (Membaca Untuk Angkat Kejayaan) Dengan Buku”, Rabu (18/5) di lobi kampus.

Wednesday, April 26, 2017

REKOMENDASI CHANNEL-CHANNEL YOUTUBE INDONESIA

Saat ini konten-konten di internet tidak hanya mengandung tulisan-tulisan saja, tetapi juga mengandung berbagai jenis media seperti gambar, musik dan video. Semuanya di bagikan untuk berbagai tujuan khususnya untuk saling berbagi informasi. Internet seperti otak super karena memuat seluruh pikiran yang manusia bagikan.
Salah satu yang sedang tren saat ini adalah membagikan konten-konten berupa video melalui website bernama Youtube. Sudah banyak creator-creator yang bermunculan bak semut-semut yang mengerubungi gula yang manis. Kebanyakan di antara mereka terinspirasi oleh kesuksesan yang dialami creator top, ada pula yang menjadikan Youtube sebagai sarana iklan yang efektif dan motif-motif lainnya.

Nah, melalui tulisan ini, saya akan merekomendasikan kepada kalian beberapa creator Youtube asal Indonesia yang keren dan kreatif yang dijamin membuat kalian yang menontonnya terhibur. Berikut ini daftar-daftarnya:
  1. Edho Zell
Creator ini adalah salah satu creator top yang ada di Indonesia. Memiliki 1.154.378 subcribers menjadi bukti bahwa creator yang satu ini sangat disenangi dan digemari oleh pengguna Youtube. Edho Zell menyediakan video-video yang umumnya adalah parodi-parodi lucu tentang hal-hal yang sedang tren saat ini. Dia juga sering melakukan kolaborasi dengan Youtuber lain yang tidak kalah serunya.



  1. Miawaug
Creator yang satu ini menyediakan konten-konten tentang game baik berbasis konsol, pc ataupun smartphone. Miawaug menyediakan gameplay dari game-game populer. Kalau kamu ingin merasakan sensasi bermain game tertentu tetapi tidak ada uang untuk membelinya bisa melihat Miawaug memainkannya. Tersedia juga walkthrough yang akan akan membantumu menyelesaikan game.






  1. Ewing HD
Ingin menguji nyali dengan menonton video-video horor? Creator ini lah jawabannya. Ewing HD menyediakan video-video yang umumnya berbentuk daftar-daftar dengan tema horor tertentu. Videonya sering disebut sebagai Malam Jumat Horor merujuk pada jadwal dia mengupload video horornya. Yang membuat seram terkadang Ewing HD menyisipkan jumpscare yang bisa membuat jantungmu copot. Selain tentang horor, Ewing HD juga membagikan video bertema gaming horror yang biasa dia bagikan di malam minggu yang juga tak kalah serunya untuk ditonton.


  1.  Eka Gustiwana

Eka Gustiwan adalah produser musik di Youtube. Ia mampu mengolah kata-kata orang dan  memadukannya dengan  alat instrumental  menjadi musik yang lucu dan kreatif. Salah satu videonya yang terkenal yaitu saat ia membuat parodi kata-kata “Demi Tuhan” Arya Wiguna menjadi musik. Eka Gustiwana juga dipercaya menjadi komposer untuk acara Youtube Rewind Indonesia. Buat kalian yang suka musik, boleh melihat channel Eka Gustiwana dijamin bakal takjub dengan karya-karya musiknya.


  1. Natasha Farani
Nah, kalau creator yang satu membuat tutorial model hijab dan make up. Cocok untuk kalian yang ingin tetap tampil modis dalam memakai hijab. Tersedia puluhan tutorial yang dapat kamu tonton dengan berbagai jenis hijab dan modelnya yang dapat kamu ikuti. Penasaran? Ayo kunjungi channelnya dan subcribe untuk mendapatkan pemberitahuan berbagai tutorial hijab terbarunya. 



Friday, April 21, 2017

BATAM vs RIAU

Pesawat akan lepas landas beberapa menit lagi, Ofi mendapat kursi disamping jendela pesawat, ini adalah posisi duduk favorit Ofi. Karena ia bisa berhalusinasi sambil melihat ke luar jendela pesawat, memikirkan hal-hal yang mungkin ataupun yang tidak mungkin terjadi di dunia ini. Misalnya, seperti bertemu dengan mantan-mantannya dalam sebuah pertemuan private yang sengaja ia buat, atau hanya sekedar bisa terbang dimalam hari dibawah bintang-bintang sambil melihat mantan-mantan terlelap di kamar mereka masing-masing. Semua hanyalah halusinasi yang sering ia kembangkan menjadi hal-hal yang kacau, sesuatu yang tidak akan pernah jauh-jauh dari masa lalu atau mantan.
 VS 


 Perjalanan kali ini akan berlangsung selama kurang lebih 50 menit. Hati Ofi masih terasa deg-deg an, dilengkapi ia harus berpisah dan meninggalkan sahabat-sahabatnnya dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan. Rasa cemas, galau, gundah, gagal move on masih merayap-rayap di hati dan fikiran Ofi. Move On adalah hal yang paling Ofi benci, namun ia harus. Tidak ada yang aneh dengan kehidupan Ofi, hanya saja kadang ia terlalu aneh dalam menghadapi suatu masalah. Hal yang seharusnya serius menjadi sebuah lelucon, dan begitu sebaliknya. Jadi, tidak banyak yang mengerti keadaan psikis Ofi. Hanya GF (Gold Friends) yang mungkin selalu berusaha untuk mengerti akan kelabilan yang ia miliki. 
Dari balik jendela pesawat, ia bisa melihat lautan awan yang luas, dilengkapi dengan awan lumba-lumba, awan gunung dan gumpalan-gumpalan awan lainnya. Semua terlihat sempurna jika dilihat dari hati dan imajinasi. Mood Ofi hari itu cukup baik untuk menghadapi sebuah perubahan yang akan ia temui. Sehingga senyum dari balik bibir nya selalu terlihat jika diperhatikan secara seksama. Ofi mengeluarkan Headphone , berniat untuk mendengarkan music selama dalam perjalanan, agar tidak terasa terlalu membosankan. Mood adalah sesuatu yang sangat penting bagi Ofi, karena ia hanya akan bergerak jika mood nya baik, begitu sebaliknya. Seperti telah di program oleh sang mood untuk mengikutinya apapun ia mau.
Beberapa menit Ofi tenggelam dalam lamunannya tentang awan, hingga tiba-tiba pesawat mulai bergoyang seperti menabrak sebuah gumpalan awan yang cukup besar, Ofi dan penumpang lainnya masih tetap tenang karena hal ini biasa terjadi. Sejurus kemudian alarm dari pramugari mulai berbunyi, tanda untuk menggunakan sabuk pengaman dihidupkan, sebuah sumber suara memberi tahu bahwa pesawat saat ini tengah kekurangan oksigen, sehingga para penumpang dianjurkan untuk bersiap-siap menggunakan kantung oksigen apabila nanti diturunkan secara otomatis.
Ofi juga terlihat sedikit panik, namun ia lebih percaya pada Tuhannya ( Allah) , sambil berdo’a dan pasrah, Ofi mengikuti apa-apa yang dianjurkan oleh pramugari. Beberapa kali pesawat tersebut menabrak awan dan berguncang cukup dahsyat, beberapa orang tidak sadar dengan situasi ini karena sebagian mereka sudah terlelap dengan mimpinya. Ofi hanya bisa pasrah, karena ia tidak bisa berbuat banyak. Ia hanya mengikuti instruksi dari pramugari.
Anehnya, Ia malah  memikirkan hal-hal yang ia takutkan setibanya ia di Batam nanti, diantaraya :
Bagaimana kalau nanti setibanya di Batam, Ofi tidak benar-benar mendapat beasiswa tersebut?? Apakah ia harus kembali ke Riau??”
“Kalaupun benar ia diterima, bagaimana dengan mimpinya untuk kuliah di salah satu Universitas terbaik di Jawa? Apa ia harus mengurungkan niatnya begitu saja ??”
“Bagaimana kalau sesampainya di Batam, ia tidak bertemu dengan orang-orang baik?”
“Bagaiman dengan keluarganya di Riau, secara dia adalah anak satu-satunya di keluarga itu?”
“Bagaimana dengan GF, apakah mereka akan tetap bersama walau jauh?”
“Bagaimana dengan Yua, apakah ia akan tetap tersenyum tanpa gue?”
Serentetan pertanyaan sederhana berputar-putar di kepala Ofi, meskipun saat keadaan pesawat sedang tidak aman, ia tetap bermain-main dengan logikanya yang tidak seberapa bila dibandingkan dengan Albert Einstein.
Beberapa menit kemudian, keadaan pesawat kembali normal, Ofi masih asik dengan HeadPhone nya. Tanda sabuk pengaman telah dimatikan, tidak ada hal aneh yang terjadi pada pesawat itu, hanya saja hujan mulai turun. Pesawat akan mendarat beberapa menit lagi , dan dalam hitungan menit pula Ofi akan memulai kehidupan barunya. Jantung Ofi semakin deg-deg an. Pramugari menyuarakan untuk menggunakan sabuk pengaman dan menegakkan sandaran kursi.
Getaran pesawat saat mendarat begitu terasa sehingga Ofi merubah posisi duduknya karena terbawa oleh gaya tarik dari badan pesawat yang dinaikinya. Sejurus kemudian, pesawat mulai berjalan pelan, ini menandakan bahwa pendaratan telah dilewati dengan sempurna. Disatu sisi Ofi merasa lega, disini lain Ofi mulaii cemas. Ia harus menetap di kota ini dalam beberapa tahun ke depan. Ia harus melupakan Fadly, ia harus berpisah dari sahabat-sahabat terbaiknya, ia harus berpisah dengan kedua orang tuanya. Ia harus melupakan semua tempat-tempat istimewanya di Riau.
Pesawat telah berhenti, semua penumpang bersia-siap untuk keluar, mengambil barang-barang dan mengantri satu sama lain. Ofi masih duduk di kursinya, menunggu antrian dan keramaian itu memudar. Ia hanya melihat para penumpang yang tidak sabar untuk keluar, karena lelah berlama-lama di pesawat tersebut. Ofi kemudian menghidupkan HP nya, melihat ke layar hp dan menunggu keadaan signal hp nya pulih. Tidak berapa lama setelah itu, beberapa pesan masuk, ternyata itu dari teman ayah Ofi yang bersedia untuk menjemputnya di bandara kali ini.
Fi, nanti kalau sudah sampai bandara, telfon bapak, ya.
Kira-kir begitu bunyi pesan tersebut. Ofi mulai membukan kontak di hp nya lalu menelfon seseorang setelah keluar dari pesawat.
Iya, pak. Saya sudah sampai di bandara, jemput sekarang ya, pak”
Begitu Ofi berucap, kemudian memasukkan hp nya ke dalam saku celananya, lalu memperbaiki sandangan tas ransel yang ia bawa.
Sepanjang perjalanan menuju keluar bandara, tatapan Ofi masih kosong, tidak ada yang menarik perhatiannya kali ini, tidak ada yang membuatnya bersemangat. Kali ini pertanyaan-pertanyaan yang terlintas di benakknya diabaikan begitu saja. Ia masih mengingat sosok Fadly, seorang laki-laki yang telah membuatnya dingin membatu selama beberapa tahun terakhir. Semenjak putus dari nya, Ofi tidak seceria dulu. Ada yang ia sembunyikan dibalik tawanya, ada yang berusaha dia hapus dibalik langkah-langkahnya. Begitu juga dengan keputusannya kali ini, move place mungkin akan sedikit membantu meringankan kepalanya untuk menghapus Fadly.
Batam adalah pilihan terbaik baginya saat ini, agar tidak larut dalam kenangan-kenangan masa lalu nya. Ofi hanya berusaha maju disaat sebuah tempat yang bernama hati tidak bisa menerima nya lagi, dipaksa untuk mencari pelabuhan baru, padahal itu tidak semudah yang ia bayangkan selama ini. Apa jadinya jika seseorang yang mempunyai kinerja otak kanan yang sangat baik akan sebuah kenagan, tidak bisa melupakannya begitu saja dengan mudah?? Bagaimana mencari sebuah penyeimbang, ketika penyeimbang yang lama tidak sepadan dengan yang baru. Tetapi itulah manusia, tidak bisa disamakan satu dengan yang lainnya. Begitu juga dengan tempat, Batam dan Riau adalah dua hal yang berbeda. Keduanya mempunyai keindahan dan kelebihan masing-masing, saling melengkapi untuk dimasukkan ke dalam sebuah peta.

Wednesday, April 19, 2017

Tips Hemat Bagi Anak Kost

         Hmmm,, pasti banyak mahasiswa yang bingung gimana sih caranya menghemat uang apalagi untuk anak kost yang tinggalnya jauh dari rumah. Diawal sih mungkin udah bertekad harus menghemat tapi bisa saja suatu hari secara tidak sadar uang yang rencananya untuk ditabung bisa saja kepake.
Tips Hemat Bagi Anak Kost

Nah disini saya bakal ngasih tau gimana sih cara untuk menghemat pengeluaran uang.
  •         Buat daftar skala prioritas

Kita harus tau beberapa hari kedepan kita mau beli apa aja, pengeluaran uang untuk apa. Nah,, kita juga perlu buat lits apa aja yang paling dibutuhkan dan juga yang tidak, sehingga pasti kita bakal mikir ulang itu bener-bener dibutuhin atau tidak.
  •          Masak sendiri

Tips ini juga menjadi hal yang sangat jitu untuk menghemat pengeluaran harian, sehingga bisa menjadi lebih hemat untuk pengeluaran makan tiap hari anda.
  •          Harus tau tempat murah disekitar kampus

Kalau lagi sibuknya-sibuknya kuliah pasti ada aja yang dibutuhin dan itu mebuat terjadinya pengeluara, nah yang paling sering ini adalah tempat foto copy sebagai anak kost kita harus pandai dalam memilih tempat yang murah, tempat murah bukan berarti kurang dari kualitas tapi tempat murah juga memberi keuntungan untuk menghemat pengeluarn harian.
  •         Kerja part time

Ini untuk kalian yang ngerasa uang sakaunya masih belum cukup, tips ini bisa di coba dan kalian harus meluangkan waktu untuk mencari pekerjaan.

Tuesday, April 18, 2017

Demam Panggung

          Demam panggung adalah sebuah rasa ketakutan, kecemasan, kegugupan seseorang untuk berada atau tampil dihadapan orang banyak. Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, Ensiklopedia Bebas, demam panggung adalah kekhawatiran, ketakutan, atau fobia yang berhubungan dengan penampilan di depan penonton atau kamera. Secara garis besar, seseorang yang demam panggung akan merasakan ketakutan jika berada di depan banyak orang.

          Ada beberapa faktor yang membuat seseorang merasakan demam panggung. Faktor pertama yaitu kurangnya rasa percaya diri. Seseorang merasakan kurang percaya diri mungkin karena menganggap dirinya lebih rendah daripada orang lain. Selalu merasakan dirinya itu kurang. Hal ini dapat  menyababkan seseorang demam panggung. Faktor kedua yaitu jarang berada atau tampil di depan orang banyak. Hal ini sangat biasa terjadi. Orang yang tidak pernah berada di depan orang banyak, pasti ketika berada di depan orang banyak akan merasa canggung.

          Faktor ketiga yaitu banyak yang dipikirkan ketika akan tampil di depan orang banyak.  Mental akan jatuh ketika seseorang terlalu banyak pikiran. Ditambah lagi jika seseorang memiliki sebuah materi yang akan disampaikan. Apabila seseorang tersebut memiliki banyak pikiran, otomatis materi yang akan disampaikan bisa jadi hilang begitu saja.

          Faktor keempat yaitu rasa malu yang berlebihan. Sebenarnya setiap orang pasti memiliki rasa malu. Ada beberapa orang yang membawa rasa malu ketika berbicara di depan orang banyak.

          Ciri-ciri orang yang mengalami demam panggung biasanya pipi merah, badan bergemetar, tangan dingin, salah tingkah, jantung berdebar-debar, biasanya disertai keinginan ingin buang air, gagal fokus, bagi sebagian orang biasanya ia ingin selalu ‘kentut’, dan sebagainya. Ciri-ciri ini juga tergantung pada tiap-tiap orang.

          Ada 10 cara atau tips mengatasi demam panggung.
1  1.   Tumbuhkan rasa percaya diri.
Hilangkan rasa rendah kepada orang lain. Buatlah komitmen pada diri sendiri bahwa kalian bisa. Anggap saja orang banyak itu adalah teman bukan musuh.
2  2.  Berlatih berulang-ulang sebelum tampil
3  3.  Tarik nafas dalam-dalam agar lebih relaks.
    Hal ini dapat membuat detakan jentung lebih stabil.
4  4.  Kuasai materi yang akan dibawa ketika akan tampil di depan orang banyak.
5  5. Jangan berpikir negatif
   Biasanya ini terjadi ketika orang yang akan tampil memiliki banyak pikiran. Ia akan selalu      memikirkan hal yang tidak-tidak dan ini dapat menyebabkan pikirannya menjadi negative.    Jadi, ketika akan tampil di depan orang banyak, janganlah berpikiran negative.
6  6. Jangan panik
7  7. Jangan lupa berdo’a
   Ini adalah hal yang sangat sangat penting ketika akan tampil di depan orang banyak
8  8.  Pahami audience
9  9.  Kontrol emosi
110.  Dan jangan terburu-buru ketika berbicara atau tampil di depan orang banyak.

         Dengan memahami l tips tersebut, demam panggung tidak akan pernah terjadi pada setiap orang, karena demam panggung hanyalah ketakutan yang dapat membuat orang susah untuk berbicara di depan umum.

Monday, April 17, 2017

Rudal AS, Salah atau Benar?

LPM Paradigma, Batam - Baru-baru ini, dunia dikejutkan oleh serangan rudal-rudal militer Amerika Serikat ke pangkalan udara di Suriah pada Jumat (7/4) yang lalu. Tidak kurang dari 60 rudal Tomahawk ditembakkan dari dua kapal perang, USS Porter dan USS Ross. Serangan ini sebagai respon atas dugaan penggunaan senjata kimia oleh militer Suriah untuk menghadapi pasukan pemberontak.
Rudal AS, Salah atau Benar?


            Akibat dari serangan ini, dunia terpecah menjadi dua kubu, negara yang mendukung agresi Amerika Serikat dan menentangnya. Kebanyakan yang mendukung adalah negara-negara sekutu Amerika Serikat yang menjadi musuh bagi pemerintahan Bashar Al-Assad. Sedangkan yang menentang sebagian adalah pendukung pemerintahan Bashar Al-Assad.

            Serangan ini tergolong ceroboh dan mencerminkan arogansi Amerika Serikat dalam menanggapi berbagai konflik di negara lain. Penggunaan senjata kimia dalam perang memang melanggar hukum internasional, namun menyerang sebuah negara yang berdaulat juga termasuk pelanggaran hukum internasional.

            Kecerobohan ini sangat jelas karena Amerika Serikat melakukan serangan ini secara sepihak tanpa pertimbangan dari pihak manapun. Mereka melakukan agresi ini tanpa persetujuan Dewan Keamanan PBB, bahkan tanpa persetujuan kongres di negara mereka sendiri. Serangan ini dilakukan atas perintah langsung dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

            Intervensi berupa kekuatan militer oleh Amerika Serikat terbukti tidak pernah menyelesaikan konflik. Contoh yang paling parah adalah Irak, dimana hingga sekarang masih menderita akibat perang yang berkepanjangan. Perang tidak pernah menyelesaikan masalah dan justru menambah masalah.

            Amerika sebagai salah satu negara adidaya apabila melakukan serangan sesuka hati mereka tentu berbahaya. Amerika memiliki banyak persenjataan canggih termasuk senjata pemusnah masal. Tidak bisa dibayangkan jika mereka tiba-tiba menembakkan nuklir ke negara lain.

            Serangan ini sendiri menjadi provokasi bagi negara-negara yang menjadi sekutu pemerintahan Suriah. Rusia dan Iran langsung mengerahkan kapal perangnya untuk mengawasi tindakan Amerika Serikat. Situasi ini justru menambah kegaduhan dunia internasional. Semua itu bisa menghancurkan hubungan negara-negara itu dan mengakibatkan perang dunia.

            Dunia tidak bisa terus mendukung tindakan Amerika Serikat walaupun atas dalih penghancuran fasilitas militer yang menjadi sumber serangan senjata kimia Suriah. Dunia harus lebih tegas dan menolak segala intervensi yang bersifat kekerasan. Jalur diplomasi harus selalu dikedepankan paling tidak pemberian sanksi ekonomi lebih baik dibandingkan pengerahan kekuatan militer.


            Namun di sisi lain penggunaan senjata kimia dalam perang hingga menyebabkan korban sipil tidak bisa dibenarkan. Suriah sudah semena-mena dan tidak pandang bulu menyerang warganya sendiri. Dunia internasional, termasuk sekutu-sekutu Suriah juga harus tetap tegas memberikan sanksi kepada Suriah. (ba)

Yuk, Perbaiki Tampilan Blog!

     Bagi kalian yang mempunyai blog, dan ingin mempercantiknya. Nih kami sediakan tips untuk membuat blog kamu jadi makin keren. Ada banyak bagian yang harus dilakukan untuk menghasilkan sebuah blog yang tampilannya tampak menarik dan cantik seperti milik kebanyakan blogger umumnya. Dan berikut poin penting yang harus anda perhatikan:

1.    Domain
Bagian ini mungkin menurut banyak orang tidak perlu di perhatikan, padahal blog akan tanpak professional kalau domain (alamat linknya) juga bagus. Nah pada tahap awal ini disarankan merubah domain blogspot anda. Mengapa demikian? Karena dengan melihat alamat blognya saja orang sudah bisa tahu bahwa ia dibuat dengan serius sehingga isi artikelnya juga paling tidak berbobot dan bisa dijadikan referensi, ini biasanya sudah bisa diputuskan oleh pengunjung saat pertama kali melihatnya di mesin pencari, apakah akan diklik untuk dikunjungi atau tidak, nah disinilah keuntungan yang sudah mempunyai blog .com. Tapi sebenarnya bukan cuma sampai disitu keunggulan dari blog dengan domain berbayar, masih banyak lagi.

a.  Merubah alamat
Banyak yang belum tahu kalau ternyata blogspot gratisan itu bisa dirubah jadi .com dengan lokasi servernya yang tidak berubah, yakni masih ditempatkan di blogspot, hanya saja domainnya sudah dirubah.

b.  Usahakan seo friendly dan mudah diingat
Memilih domain yang SEO Friendly di sini maksudnya adalah yang mengandung kata kunci, misal anda buat blog soal panduan buat email, maka usahakan saat membeli domain memilih minimal yang ada kata Email-nya walau tidak semua keyword yang diincar disertakan, misal emailbaru.com dan selainnya.

2.    Template
Ini sebenarnya poin penting jika kita ingin mempercantik tampilan sebuah blog agar terlihat menarik dan keren, karena dari bagian inilah kita melakukan pengeditan tata letak widget-nya, mengatur jarak letaknya, hingga mengganti warna latar, gambar dan lain sebagainya. Tapi karena berhubung ini pembahasannya panjang, kita bahasa satu per satu di bawah ini:
Bikin website telihat keren.

a.      Mengganti Template jadi Profesional
Untuk bisa memiliki template/skin atau tampilan blog yang menarik dan tampak bagus layaknya blogger professional maka syaratnya kita harus merombak semua, tapi soal ini bukan berarti kita harus rubah satu per satu kode scriptnya karena kalau bukan Programmer sudah pasti tidak akan bisa melakukannya.

b.      Menggunakan Widget
Untuk kepentingan tampilan saja mungkin anda akan menggunakan widget seperti Jam, gambar flash dan sebagainya, tapi untuk tujuan SEO sebaiknya jangan digunakan, lebih baik pakai widget yang baik untuk mensin pencari saja, seperti untuk Artikel Terpopuler dan Terbaru, Profil Google Plus dan Likenya, Fanpage Facebook atau Twitter. Selain yang disebutkan sebaiknya dihindari saja karena akan memperlambat loading blog. Dan untuk mendapatkan semua widget tersebut sudah tersedia di dalam blogspot anda. Caranya, pilih menu “Tata Letak” lalu tulisan biru “Tambahkan Widget” anda klik dan selanjutnya tinggal pilih jenis widget blog yang mana yang mau digunakan.

c.       Menata Warna dan style template
Terakhir untuk cara mempercantik blog dan membuatnya jadi menarik, mulai dari latar, sidebar, gambar, dan semua warna yang ada dalam template.

3. Menulis Artikel yang SEO Friendly
Walau semua teknik di atas telah dilakukan tapi artikel atau item pada tiap produk toko online anda tidak dibuat SEO Friendly maka bisa dibilang sia-sia saja. SEO sendiri adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari yang mana tujuannya adalah untuk membuat blog mudah terindeks oleh mesin pencari.


Semoga artikel bagaimana cara membuat blog menarik dan keren atau tepatnya mempercantik tampilan website ini bisa jadi rujukan terpercaya anda. Silahkan bertanya jika ada yang kurang dipahami, dengan senang hati kami membantu. Penulis juga menyediakan pelatihan mengelola blog buat pemula, baik pada Blogspot maupun yang menggunakan platform WordPress.

Monday, April 10, 2017

Supporting Young Entrepreneurship Day in Batam State Polytechnic

LPM Paradigma, Batam – Jumat (7/4) pukul 14.00, Entrepreneurship Generation (Energi) mengadakan bazar di Gedung utama Politeknik Negeri Batam. Bazar ini merupakan bagian dari kegiatan kewirausahaan bertemakan Young Entrepreneurship Day yang berlangsung selama dua hari di Politeknik Negeri Batam. Acara ini juga menjadi salah satu motivasi bagi mahasiswa Politeknik Negeri Batam, dikarenakan acara tersebut mengajak kita sebagai mahasiswa untuk berwirausaha. Mempunyai usaha atau ingin berwirausaha itu tidak sulit, dimana terdapat para wirausaha muda batam yang berkumpul di acara tersebut untuk mebagikan ilmunya.

Dalam acara Young Entrepreneurship Day turut hadir Bapak Reza  BTV Batam selaku sponsor dalam acara ini, Ibu  Mela sebagai ketua pelaksana acara tersebut, dan juga kak Ros. Acara Young Entrepreneurship Day dibuka  dengan tarian tradisional dan dance  oleh salah satu UKM Politeknik Negeri Batam yaitu KUAS. Berakhirnya tari tradisional dan dance dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ibu Mela sekaligus peresmian acara tersebut dengan memukul gong.

Ada sekitaran 26 wirausaha yang berkumpul di acara ini, mereka tidak berkumpul begitu saja, namun mereka juga menawarkan bermacam-macam produk yang mereka buat seperti makanan, minuman, pakaian, sepatu, dan lain-lain. Harga barang yang ditawarkanpun sesuai dengan kantong mahasiswa.

Rangkaian acara Young Entrepreneurship Day
Dalam acara Young Entrepreneurship Day terdapat seminar yang dilaksanakan di Auditorium Politeknik Negeri Batam pada hari sabtu (8/4) pukul 07.00 sampai dengan selesai. Dan biaya pendaftaran sebesar 35.000 per orang. Seminar Young Entrepreneurship Day ini akan dihadiri 8 pembicara terbaik.

Young Entrepreneurship Day  juga mengadakan lomba, dimana lomba tersebut boleh diikuti untuk siapa saja. Lomba tersebut adalah membaca sebuah script yang dibagikan oleh panitia acara,, sebagai hadiahnya pemenang akan dikontrak oleh BTV selama 1 tahun untuk bekerjasama.

Semoga acara Young Entrepreneurship Day ini akan terus berlanjut ditiap tahunnya. Terkhususnya di Politeknik Negeri Batam yang sangat member bermanfaat bagi mahasiswa Politeknik Negeri Batam. (Rs)

Saturday, April 8, 2017

Tangis Senja

doc.LPM Paradigma Polibatam
Akan selalu ada senja setiap hari, dalam setiap langkah bulan, dan setiap perjalanan tahun. Seperti halnya hari ini, senja itu datang. Namun kali ini ia tidak seindah sebelumnya. Kusam, buram, kelam. Begitu juga dengan raut ibuku, kelam. Aku pulang dengan beribu tanya dalam otakku, di halaman rumah terdapat bendera hitam, orang mengenakan pakaian serba gelap, dan rintihan tangis terdengar dari dalam rumah. Kupandangi sekelilingku, wajah-wajah mereka enggan melepas senyum menatapku dengan perihatin. Dalam benakku terlintas banyak kemungkinan. Yang kutahu, bendera hitam tanda bahwa ada orang meninggal. Tapi siapa? Ayah? Ibu? Atau saudaraku? Namun batinku menolak untuk mengakui siapapun yang meninggal itu. Sekarang, kupercepat langkahku dengan pertanyaan-pertanyaan dalam otakku. Saat memasuki rumah, dan apa yang terlihat? Ibu terduduk lemas disisi jasad seseorang yang sangat aku kenali terlelap damai, Ayah.

            Disenja itu, ibu yang menangis hingga air matanya tidak keluar lagi, suaranya parau dan matanya sembab. Tangis ibu bagai pekikan elang yang kehilangan sayap indahnya. Ia meraung, berteriak sejadi-jadinya di hadapan jenazah ayah. Iya, Ayah. Apa aku mimpi? Tapi bukankah ini terlalu terlihat nyata untukku mimpikan?

Tangisannya semakin menjadi ketika segerombolan orang yang mebopong jasad dengan keranda itu datang. Kutatap jasad yang damai itu, dalam hatiku aku merintih seakan tidak terima apa yang terjadi, “Ayah, apa ini? Ayah ingin memberi kejutan ulang tahunku? Bukankah ini sedikit berlebihan yah?” Aku berkelahi sendiri dengan keadaan dan pikirku yang terus bernalar. Aku melihat ketidakrelaan tersirat dari wajah ibu. Aku mendekat dan kupeluk ibuku yang tidak mengenali siapapun. Aku berbisik “Ikhlaskan, Bu” hanya kata itu yang mampu mewakili sejuta kata dalam pikirku untuk menguatkan ibuku. Ingin aku berteriak dan menangis. Ayah bukankah ayah berjanji hari ini kita akan merayakan ulang tahunku? Dan mana hadiahku, Yah?” Lagi-lagi aku berdialog dengan batinku sendiri. Tidak bisa aku menangis didepan ayahku, karena aku tahu ayahku tidak suka jika aku menangis. Dengan sisa-sisa tenaga ibuku berdiri, menopang badannya mengikuti rombongan itu, namun badan lemah itu kembali tersungkur ‘’menghantarkan ke tempat yang tenang, sepertinya aku tidak sanggup” lirih hati ibu.


Senja itu ayahku tiada, bulir putih tidak kusadari jatuh dari mataku “Maaf Yah, biarkan aku menangis kali ini saja”, lirihku. Perlahan rombongan itu mengecil hilang di ujung jalan depan rumahku bersamaan dengan pelayat yang mengikuti. Hujan turun, seakan ia tahu kesedihan keluargaku.  Biasanya senja aku jadikan waktu bersendau gurau dengan ayah, tapi hari ini, senja ini, menjadi senja terkelam yang pernah kutemui. Ya, senja perpisahan.

Creator : Ronauli Pulungan