Saturday, November 5, 2016

Tips Mencegah Kelaparan dan Tetap Asyik Saat Perjalanan

LPM Paradigma, Batam - Untuk kalian yang hobi traveling atau sering bepergian pastinya sudah akrab dengan yang namanya berbagai kendaraan transportasi. Dari pesawat, kapal laut, bus, kereta api, sampai yang namanya angkot. Saya yang notabene anak rantau sejak kuliah mau nggak mau harus merasakan perjalanan jauh sekitar lebih dari 7 jam perjalanan setiap pulang kampung ataupun mudik. Nah, dari berbagai kendaraan umum yang tersedia, saya paling benci jika harus naik bus untuk perjalanan keluar kota. Kenapa? Karena saya paling mudah terangsang mabok darat jika harus naik bus, entah itu bus ekonomi biasa atau bus patas ber-AC padahal saya juga sudah minum obat anti mabuk.

Dan sebaliknya, saya paling suka perjalanan jauh menggunakan kereta api. Karena dikereta saya merasa punya space lebih buat bergerak. Dan biasanya perjalanan dikereta lebih lancar dan pastinya disuguhin pemandangan yang keren banget. Selain bikin hati bungah, sekarang pelayanan dikereta juga sudah lebih baik. Nggak ada lagi tiket berdiri dan pedagang asongan yang wara-wiri dikereta, jadi space buat bergerak semakin luas. Dan juga di kereta sudah ada AC dan colokan listrik/stop kontak buat isi baterai hp. Semakin nyaman dan menyenangkan bukan?
Tapi jika bepergian naik apapun transportasinya, kalau sendirian dijamin membosankan. Nggak ada temen buat diajak ngobrol ngalor ngidul. Jadi untuk membunuh waktu di perjalanan yang lamanya bukan main, saya punya beberapa tips umum yang bisa dilakukan agar perjalanan terasa asyik.

Yang pertama dan terutama adalah mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan
Dan jika kalian minim budget, daripada membeli makanan di pesawat dan kereta, apalagi di kerata sekarang tidak ada penjual asongan. Nggak mau dong kalian tersiksa karena kelaparan saat di perjalanan? Yuk siapkan bekal sendiri dari rumah. Bagaimana menyiapkan bekal selama perjalan? Bawalah makanan berprotein. Penting untuk membawa camilan berprotein seperti keju, yogurt, atau kacang-kacangan. Karena kandungan protein dapat memberikan rasa kenyang lebih lama, cukuplah untuk mengganjal perut lapar, dan jangan lupa bawa air mineral agar tetap fokus. Siapkan makanan berbungkus praktis, bawalah makanan yang tidak meninggalkan sampah, dan hindari makanan yang beraroma tajam ya guys!

Bawalah smartphone dalam keadaan baterai penuh
Yaps, buat kalian-kalian yang maniak sosmed, hampir bisa dipastikan kalian punya smartphone. Nah selama perjalanan gunakanlah smartphone kalian untuk tetap update dengan teman-teman kalian, agar bisa tetap rumpi sama teman kalian yang jauh nun disana. Atau kalau mau asyik sendiri? Mainkan games seru di hape kalian. Baterai habis? Jangan lupa buat bawa charger atau power bank kalian. Dan ngga perlu cemas buat kalian yang naik kereta api karena tersedia colokan atau stop kontak di setiap deratan bangku.

Bawa MP3
Saya selalu membawa mp3 setiap bepergian, dan tentunya sudah diisi dengan lagu-lagu hits favorit saya yang siap menemani selama perjalanan. Atau gunaka hape smartphone kalian jika tidak punya mp3. Dan jangan lupa serta bawa headsetnya.

Bawa sesuatu yang bisa kalian kerjakan selama di perjalanan
Contohnya, kertas dan pensil untuk corat coret/menggambar sketsa. Bisa juga yang hobi jeprat-jepret bawa kamera kalian buat foto-fotoin pemandangan selama perjalanan atau bisa banget tuh bawa kitab suci untuk menambah dan memperlancar hafalan surahnya.

Bawa Jaket dan Kipas.
Buat apaan? Yah buat jaga-jaga supaya nggak kedinginan dan kepanasan. Eh buat saya jaket juga sangat penting dan berguna untuk menutup tubuh saat saya mau tidur, buat lebih nyaman aja sih karena saya perempuan, nggak tau deh menurut kalian?

Nah, itu dia tips untuk mencegah kelaparan dan tetap asyik saat perjalanan. Tak perlu khawatir akan kelaparan dan rasa bosan yang membunuh selama perjalanan, kalian juga bisa asik dengan cara kalian sendiri. (pl)

0 komentar:

Post a Comment