Wednesday, October 5, 2016

Tips Buat Kamu Yang Mau Magang

Pada dasarnya, magang adalah syarat utama untuk melalui proses pendidikan. Biasanya, mahasiswa tingkat akhir di suatu perguruan tinggi diwajibkan untuk magang. Magang sendiri sudah diatur dalam undang-undang ketenagakerjaan, lho. Disitu tertulis kalau magang diartikan sebagai sebuah sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan terpadu antara di tempat pelatihan atau bekerja secara langsung dibawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang telah berpengalaman. 

Nah, untuk kalian yang akan magang, yuk perhatikan hal berikut ini:
  • Selalu On-Time
Kalian harus ingat kalau yang namanya sedang magang itu juga dinilai, lho. Bahkan dinilai langsung oleh pihak dari perusahaan. Budayakan selalu tepat waktu dan hindari menunda-nunda pekerjaan yang akan mengakibatkan kalian terburu-buru dalam penyelesaiannya.
  • Jaga selalu 5S
Senyum, salam, sapa, sopan, dan santun juga jangan lupa ya, guys. Apalagi ke dosen lapangan dan lingkungan magang kalian nanti. Ibaratnya, kalian adalah anak baru diperusahaan itu. Jadi, harus jaga attitude banget nih dan jangan lupa pakaian yang dikenakan harus sesuai dengan jobdesk kalian yaa.
  • Peka dengan lingkungan sekitar
Ketika kalian magang, kalian dituntut juga untuk peduli terhadap sekitar. Mulai dari kebersihan, kerapihan, dll. Bahkan, kepekaan kita biasanya diuji ketika sedang akan wawancara. Ntah sampah tissue yang sengaja dibiarkan dilantai ataupun posisi kursi yang tidak ditempatnya.
  • Jangan tolak pekerjaan
Yang namanya anak magang sebaiknya jika diberi pekerjaan jangan ditolak dan jangan bilang tidak mampu. Justru dengan begitu, kita juga perlahan belajar dari yang bermula tidak bisa menjadi paham. Tolaklah pekerjaan yang sekiranya tidak sesuai dengan bidang akademis kalian.
  • Jaga nama baik kampus
Terakhir, kalian juga harus ingat jika kalian magang dengan membawa nama baik kampus. Buruknya satu mahasiswa disuatu perusahaan, bisa jadi membuat pandangan perusahaan terhadap semua lulusan kampus itu menjadi tidak baik. (kaa)

0 komentar:

Post a Comment