Monday, October 3, 2016

Tips Belajar yang Efektif dalam Menghadapi Ujian

Mahasiswa memiliki tugas utama yaitu belajar. Tapi karena banyaknya tugas yang menumpuk, membuat para mahasiswa menjadi malas dan jenuh serta mengabaikan tugas utamanya tersebut. Ketika waktu kuis ataupun ujian tiba, mereka kelabakan mempelajari pelajaran yang akan di uji . Akhirnya, sistem SKS (Sistem Kebut Semalam) jadi jalan pintas untuk menghadapi ujian. Karena masalah ini, disini akan dibahas tips belajar yang efektif dan tepat untuk kalian yang sering malas belajar.
1.      Ciptakan Suasana yang Kondusif
 Suasana yang kondusif, tenang dan nyaman adalah salah satu cara membuat belajar kita menjadi berkualitas. Walaupun dengan waktu singkat, suasana yang baik akan membuat kalian fokus terhadap materi yang kalian pelajari serta kalian tidak akan merasa jenuh saat belajar.

2.      Belajar Kelompok
Untuk kalian yang malas belajar sendiri, belajar bersam teman adalah hal yang baik untuk belajar. Mungkin kalian adalah orang yang tidak mudah untuk memahami pelajaran sendiri. Maka, ini adalah salah satu solusi agar kalian dapat memahami pelajaran dengan membahasnya bersama teman-teman. Jika ada kesulitan di suatu materi, maka bias didiskusikan bersama.

3.      Bertanya Kalau Belum Paham
Setiap materi pelajaran pasti memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Jika kalian menemukan sesuatu yang belum dimengerti, apa salahnya untuk menanyakan ke teman yang lebih mengerti ataupun kepada dosen. Jangan malu untuk bertanya kalau memang kurang paham atau kurang mengerti.

4.      Lihat Garis Besarnya
Sebelum memulai belajar, pastikan kalian melihat garis besar dari materi pelajaran. Jangan langsung membaca keseluruhannya karena itu akan membuat kalian semakin malas untuk mempelajari materi secara serius. Lihatlah subjudul, keterangan gambar dan ringkasan yang ada. Itu membuat lebih mudah untuk memahami isi bacaan tersebut.

5.      Buatlah Catatan Intisari dari Bahan Pelajaran
Dengan meringkas suatu bacaan, maka akan membuatmu membaca ulang materi pelajaran. Itu akan membuat kita hafal beberapa bagian yang ditulis ulang di catatan tersebut.

6.      Berlatihlah Teknik Kemampuan Mengingat
Salah satu teknik kata kunci (Mnemonics) adalah teknik menghafal dengan menjadikan bacaan menjadi sebuah singkatan yang menjadi formulasi yang mudah diingat. Seperti MeJiKuHiBiNiU untuk singkatan warna pelangi yang pastinya hampir semua orang hafal dengan singkatan tersebut.

7.      Belajarlah dengan Rajin dan Tekun
Tips yang paling ampuh dari semuanya adalah belajar dengan rajin dan tekun. Apabila kita belajar hanya pada waktu tertentu, pasti hasilnya akan berbeda jika kita belajar dengan rutin. Walaupun dalam waktu singkat, tetapi jika kita belajar secara terus menerus, maka materi tersebut akan lebih lama kita ingat serta kita akan mudah memahami materi tersebut.


Demikian tips belajar yang efektif dalam menghadapi ujian. Semoga tips-tips ini dapat digunakan serta bermanfaat bagi para pembaca. Karena tidak akan hasil yang baik didapatkan jika tidak ada usaha untuk mencapainya. (yp)

0 komentar:

Post a Comment