Tuesday, October 4, 2016

Prestasi Non Akademik, Why Not?


Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak kekayaan, baik dari segi kekayaan hasil alam ataupun kekayaan sumber daya manusianya. Banyak sekali hasil-hasil karya orang Indonesia yang diekspor ke luar negeri ataupun berbagai prestasi anak bangsa yang menarik perhatian di mata Internasional. Ironisnya, rakyat Indonesia sendiri banyak yang tidak mengetahui bahwa mungkin barang atau jasa yang mereka nikmati itu adalah hasil karya anak bangsa sendiri. Setiap hari bermunculan mengenai berita miring tentang Indonesia, padahal banyak sekali berbagai prestasi yang di raih oleh anak bangsa kita sendiri yang sudah sepatutnya di beritakan dan di banggakan. Terlebih lagi berita tentang prestasi anak Indonesia di bidang non akademik sangatlah minim pemberitaannya.

Para pemuda Indonesia tidak hanya berprestasi dalam perlombaan bidang akademik, akan tetapi banyak juga yang berprestasi dalam bidang non akademik. Sebagai mahasiswa yang rata-rata masih berusia muda, sudah sepatutnya kita berusaha untuk membanggakan dan mengharumkan nama bangsa kita sendiri. Karena para pemudalah yang nantinya akan meneruskan perjuangan bangsa Indonesia agar tetap eksis dimata dunia. Tentunya sebagai mahasiswa banyak sekali yang bisa dilakukan untuk membanggakan bangsa Indonesia ini. Tidak harus melulu tentang prestasi akademik, akan tetapi bisa dari berbagai bidang non akademik seperti bidang olahraga, seni, teknologi dan lain sebagainya.

Berbagai hobi apabila ditekuni dengan sungguh sungguh akan dapat menghasilkan sesuatu yang membanggakan. Berikut beberapa prestasi anak Indonesia dibidang non akademik yang berhasil diraih di kancah internasional. Bukan untuk dipamerkan, melainkan agar dapat memotivasi para mahasiswa untuk terus berprestasi dan terus mengejar mimpi.


  • Bayu Sentoso
Bayu Sentoso adalah seorang mahasiswa ISI Jogja jurusan Desain Komunikasi Visual. Bayu memenangkan lomba desain cover album yang diadakan oleh band ternama yang sudah Internasional asal California, Maroon 5. Desain karyanya yaitu berupa gambar wajah harimau putih dengan guratan berbentuk V pada bagian hidung. Desain bayu ini dapat mengalahkan hasil desain banyak orang yang ikut dalam lomba tersebut. Sebelumnya bayu juga pernah memenangkan kontes artwork yang diadakan oleh musisi legendaris Billie Joel.


  • Christiawan Lie
Christiawan Lie adalah seorang pemuda lulusan ITB. Christiawan Lie merupakan salah seorang pemuda yang sukses dibidang illustrator komik. Ia berhasil membuahkan komik-komik terkenal seperti GI Joe dan Transformers. Hasil ilutrasi komik Christiawan Lie ini berhasil menembus pasar Amerika. Selain itu, Chris Lie juga membuat komik sendiri yang berjudul Return Of The Labyrinth, dimana komik ini beraliran manga Jepang dan diproduksi di Amerika. Komik ini juga berhasil menduduki posisi keempat komik terlaris di Amerika bersaing dengan Komik Naruto.

  • Rini Sugianto
Rini Sugianto merupakan seorang animator wanita yang berprestasi di kancah internasional. Salah satu film karyanya adalah Hobbit 2: The Desolation of Smaug. Selain itu, Rini juga pernah tergabung dalam tim animator  film The Adventures Of Tintin, The Avengers, Iron Man 3, Hunger Games, Hobbit 1, dan The Dawn Of Planet Of The Apes.

  • Mocca
Mocca adalah grup musik indie dari Bandung yang mengusung genre jazz, pop dan swing. Mocca berhasil mengukir banyak prestasi baik dalam negeri ataupun di luar negeri. Di dalam negeri lagu Mocca ini sering dijadikan soundtrack dari banyak film, dan di kancah Internasional band Mocca ini telah menandatangani kontrak dengan salah satu indie record di Jepang. Bahkan band Mocca ini juga sering menggelar konser di Singapura. 

  • Lilyana Natsir dan Tontowi Ahmad
Lilyana Natsir dan Tontowi ahmad merupakan pebulu tangkis ganda campuran yang telah menjadi kebanggaan Indonesia karena telah beberapa kali mengharumkan nama Indonesia dimata dunia. Berbagai gelar telah berhasil disabet oleh Lilyana dan Tontowi tiga tahun berturut-turut.


Jika dilihat dari beberapa prestasi pemuda pemudi Indonesia diatas tentulah begitu sangat membanggakan. Siapa yang menyangka bahwa berbagai hasil karya yang terkenal di kancah Internasional dan kita sukai seperti film, komik ataupun lagu yang tersebut diatas, didalamnya terdapat campur tangan anak bangsa kita sendiri. Sebagai mahasiswa akan lebih baik jika terus menjalankan hobi ataupun bakat dengan sungguh-sungguh karena sukses itu tidak harus berprestasi dibidang akademik perkuliahan saja. Banyak peluang untuk menjadi mahasiswa yang sukses, tergantung kreativitas kita dan kemauan kita untuk maju dan terus mengejar impian. (DP)

0 komentar:

Post a Comment