Sunday, October 16, 2016

7 Fakta Unik Hewan yang Jarang Diketahui

Manusia sudah sering meneliti tentang hewan yang ada di darat maupun di lautan. Walaupun demikian, sebenarnya baru sedikit yang dapat dieksplorasi oleh para peneliti. Buktinya masih ada hal-hal unik yang ternyata belum banyak diketahui. Berikut 7 fakta hewan yang jarang diketahui.

1.         Lumba-lumba tidak pernah tidur

Secara teknis, lumba-lumba tidak pernah tidur. Walaupun begitu, lumba-lumba tidak perlu minum kopi supaya tahan bergadang. Karena, tidak seperti manusia, lumba-lumba hanya dapat mengistirahatkan satu bagian otak dalam satu waktu sehingga mereka tidak akan merasakan kantuk.


2.      Kupu-kupu minum dari air mata hewan lain

Kupu-kupu tidak mendapatkan sodium dari nektar bunga yang menjadi makanan mereka. Jadi, sesekali mereka melakukan sesuatu yang dinamakan Lachryphagy (meminum air mata). Hewan ini sering kali mengincar kura-kura untuk diminum air matanya karena gerakan mereka yang lambat. Tapi jika masih kurang, biasanya mereka meminum air mata buaya, woww sereemmmm.

3.    Tupai suka menggunakan parfum

Manusia biasanya menggunakan parfum untuk menarik lawan jenisnya. Berbeda denga tupai, ia menggunakan parfum untuk melawan musuhnya sehingga sang musuh akan menjauhkan diri. Biasanya mereka akan berguling dibangkai ular derik sehingga predator akan menghindar darinya, sangat efektif kan?

4.    Buaya Binatang yang awet muda

Buaya tidak harus operasi plastik, botox, ataupun suntik silicon untuk terlihat awet muda. Secara teknis, buaya tidak pernah menua. Hal yang perlu mereka lakukan adalah bertahan hidup. Tentu saja buaya tidak abadi, tapi jika mereka jarang sakit dan terluka, mereka akan hidup sampai ratusan tahun.

5.    Kerbau ternyata paham demokrasi

Beberapa spesies kerbau hidup dalam sebuah kawanan yang memiliki cukup banyak anggota. Sehingga menjaga persatuan bukan perkara yang mudah. Ketika pemimpin kawanan akan menentukan pilihan untuk seluruh anggota, maka para betina yang setuju akan merebahkan diri, melihat ke arah tertentu, berdiri, kemudian merebahkan diri lagi.

6.      Gorila juga bisa flu dan penyakit manusia lainnya

Gorila yang berasal dari hutan tropis di Afrika ini, memiliki 97-98% DNA yang identik dengan DNA manusia. Hal inilah yang mengakibatkannya rentan terjangkit penyakit yang biasanya terjadi pada manusia.


7.      Hanya manusia, gajah, dan paus bongkok yang mengalami menopouse

Menopause adalah periode dimana makhluk hidup tidak lagi menstruasi selama 12 bulan. Ternyata bukan hanya manusia yang mengalaminya, tetapi gajah dan paus bongkok juga mengalaminya. Pasti kalian baru tau kan? (yp)

0 komentar:

Post a Comment