Sunday, June 12, 2016

Negara-Negara yang Memiliki Waktu Berpuasa Terlama

Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta dari segala hal yang dapat membatalkan puasa mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Seluruh umat muslim di dunia melaksanakan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh karena puasa merupakan kewajiban umat muslim. Tetapi, tidak semua tempat memiliki waktu puasa yang sama. Beberapa negara harus menahan lapar dan dahaga lebih lama dari umat muslim Indonesia yang hanya berpuasa selama 13 jam. Berikut negara-negara yang memiliki waktu puasa terlama.

1.      Islandia (22 jam)
Islandia merupakan negara kepulauan yang memiliki penduduk muslim terkecil di dunia. Walaupun demikian, umat muslim di Islandia tetap melaksanakan kewajiban mereka yaitu berpuasa. Berbeda dengan negara lain, umat muslim Islandia harus menuntaskan sahur pada pukul 2 pagi dan berbuka pada tengah malam pukul 00.00. berarti umat muslim disana melaksanakan puasa selama 22 jam.

2.      Swedia (20 jam)
Tidak berbeda jauh dari Islandia, Swedia juga negara yang umat muslim merupakan minoritas yaitu hanya 5% dari populasi penduduknya. Jika puasa jatuh pada musim panas, maka mereka harus berpuasa selama lebih dari 20 jam.

3.      Alaska (19,45 jam)
Negara bagian Alaska memiliki sekitar 3000 kaum muslim yang kebanyakan bermukim di Anchorage. Seharusnya, mereka harus berpuasa sekitar 19 jam lebih  jika mengikuti waktu lokal. Tetapi, sebagian besar mengikuti waktu Arab Saudi yang memiliki waktu puasa lebih singkat.

4.      Jerman (19 jam)
Umat muslim di jerman kebanyakan berasal dari Turki dan Afrika Utara yang harus berpuasa selama 19 jam yaitu dari pukul setengah 4 pagi hingga jam sepuluh malam waktu setempat. Serupa dengan negara lain, umat muslim di Jerman akan melaksanakan sholat tarawih setelah berbuka puasa.

5.      Inggris (18,55 jam)
Inggris memiliki sekitar 2,7 juta umat muslim. Umat muslim disini harus berpuasa kurang lebih 18 jam lebih. Lamanya waktu puasa, dapat mengakibatkan bahaya kesehatan terutama untuk kaum manula. Karena itu, warga disini diperingatkan untuk menjaga kesehatan mereka.(YP)

0 komentar:

Post a Comment