Monday, April 27, 2015

Pengguna Sosial Media? Perhatikan Hal Berikut!

Di era modern ini tentu semakin mudah bagi semua orang untuk menjalankan aktivitas kesehariannya termasuk berinteraksi. Interaksi memang sangat penting bagi beberapa orang. Dengan kecanggihan teknologi pun interaksi semakin mudah seperti halnya melalui internet, misalnya media sosial facebook, twitter, dll. Asyik memang berinteraksi melalui media sosial. Selain memudahkan berinteraksi dengan orang yang tersayang dengan mudah meski memiliki jarak jauh, media sosial juga mampu menambah relasi baru bagi penggunanya sendiri.

Namun, dibalik asyiknya menggunakan media sosial, ada pula sisi negatif kehadiran media sosial seperti penipuan, penculikkan, hingga penjualan barang terlarang narkoba dan menjadikan media sosial sebagai lahan aksi prostitusi. Kejahatan di media sosial dapat dikategorikan sebagai cyber crime, atau kejahatan yang berlangsung di dunia maya yang memanfaatkan fasilitas internet.

Lantas apa yang bisa dilakukan user atau pengguna media sosial?
1    1.    Gunakan media sosial dengan bijak
Pada dasarnya, media sosial dibentuk untuk mempermudah komunikasi antar sesama. Namun, beberapa pihak menyalahgunakan kemudahan tersebut untuk berbuat jahat. Pintar-pintarlah dalam menggunakan media sosial.
2    2.    Berhati-hati dalam meng-update
Tidak sedikit orang yang memperhatikan kehati-hatian nya jika memperbarui status atau update di media sosialnya. Memang, itu hak pengguna karena atas akunnya sendiri. Namun, perlu diingat bahwa tidak satu-dua orang saja yang membaca melainkan satu duniapun dapat membacanya selagi memiliki akses dan meski tidak berteman di media sosial.
3    3.   Jangan pernah luapkan emosi dalam media sosial
Dalam keadaan kesal dan penuh emosi, beberapa orang meluapkannya dalam updatean dimedia sosial. Memang, dengan demikian beberapa orang merasakan sedikit kelegaan. Tapi, dengan keadaan penuh emosi, orang-orang disekitar mampu menilai.
4    4.   Jangan mudah percaya dengan relasi baru
Memang seru bila mendapat relasi atau teman baru dimedia sosial apalagi diajak untuk sekedar kopi darat. Menjadi eksis di media sosial kerap dijadikan kiblat atau tujuan bagi beberapa orang. Tapi, perlu diingat bahwa penyaringan dalam memilih teman di media sosial juga penting.
5    5.    Jauhi akun yang tidak bermanfaat
     Dalam beberapa kasus cyber crime, tentu semakin marak akun-akun di media sosial yang tidak bermanfaat dan mengarah kepada tindakan yang bertentangan. Sebagai pengguna media sosial yang cerdas dan bijak, jauhilah akun-akun yang tidak bermanfaat.(KAA)

0 komentar:

Post a Comment