Thursday, April 9, 2015

Menjelang UTS, Ini Tips Dari Mahasiswa Dengan IP 3,97

Foto1. Salmu Fajri

LPM Paradigma, Batam—Semester awal perkuliahan bisa menjadi momen yang sulit dihadapi oleh Mahasiswa baru dengan banyaknya kegiatan dan tuntutan untuk beradaptasi. Alhasil, tidak semua orang dapat mencapai nilai maksimum. Namun, tidak berlaku bagi Salmu Fajri, salah seorang Mahasiswa dari Prodi Akuntansi Manajerial semester dua, yang ternyata dapat mengukir prestasi di semester awal dengan IP nyaris mencapai 4,00. Kesibukan berorganisasi tak membuatnya lantas melupakan kewajiban menuntut ilmu. Lalu, apakah strateginya dalam belajar? Ini penuturannya ketika di wawancarai oleh reporter LPM Paradigma:

Cara belajar yang baik menurut kamu?
Cara belajar yang baik menurut saya itu dengan memperhatikan ketika dosen menerangkan. Ketika kita fokus maka ilmu dapat  kita tangkap dengan baik, tapi ketika kita melakukan hal-hal yang lain misalnya bicara dengan teman atau sibuk sendiri maka hasilnya pun tidak akan maksimal. Selain itu, kita harus mengulang pelajaran berkali-kali supaya kita paham dan gak mudah lupa.

Kamu setuju gak sama sistem belajar SKS (Sitem Kebut Semalam)?
Saya sih setuju-setuju aja. Soalnya kadang saya juga menerapkan sistem itu. Tapi gimanapun, belajar gak cuma pas mau ujian aja. Kalau mau belajar SKS, yang harusnya kita pelajari ,ya, tinggal point-pointnya. Misalnya sebelumnya kita sudah belajar tentang mata kuliah yang akan diujiankan, jadi sistem sks-nya ini bertujuan untuk mengulang apa yang telah kita pelajari. Jadi lebih mantap dan percaya diri sewaktu ujian.

Menurut kamu gimana cara mendapatkan IP bagus di kelas?
Simple aja sih. Selain belajar, kita harus aktif di kelas. Gak cuma datang kuliah dan duduk, tapi rajin bertanya dan berinteraksi dengan Dosen.

Tips belajar untuk UTS dari kamu?

Kalau bisa belajar jangan sehari sebelum ujian. Kita bisa manfaatkan minggu tenang untuk fokus belajar. Dan yang terakhir adalah berdoa, supaya hasilnya semakin maksimal. (LPM_17)

0 komentar:

Post a Comment