Thursday, March 26, 2015

Program Mahasiswa Wirausaha Politeknik Negeri Batam

sumber gambar : google.co.id


 Salam Entrepreneur!

Tahun 2015 ini merupakan tahun ke lima Program Mahasiswa Wirausaha Di Politeknik Negeri Batam, dari tahun 2011 ada sekitar 9 kelompok usaha mahasiswa kemudian di tahun 2012 ada sekitar 9 kelompok usaha, di tahun 2013 ada sekitar 8 kelompok usaha dan 8 kelompok usaha juga di tahun 2014. Sejak Politeknik Batam menjadi Politeknik Negeri di akhir 2010 dan diawali tahun 2011 Program Mahasiswa Wirausaha mulai diterapkan, sampai akhirnya memasuki di tahun kelima ini yaitu tahun 2015.

Program Mahasiswa Politekni Negeri Batam selaras dengan Visi, Misi dan tujuan Politeknik Negeri Batam dan upaya Politeknik Negeri Batam mewujudkan sistem pendidikan yang mengakomodasi perkembangan teknologi, menjunjung tinggi etika dan menumbuhkan semangat kewirausahaan. Program Mahasiswa Wirausaha di Politeknik Negeri Batam sebagai upaya untuk berperan aktif dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat. Indikator Kualitas hidup masyarakat bisa dilihat dari dari kesejahteraan dan kemandirian dalam ekonomi baik secara individu dan masyarakat luas tidak terkecuali mahasiswa sebagai generasi bangsa .

Kepedulian pemerintah dan juga institusi pendidikan seperti Politeknik Negeri Batam dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian generasi bangsa ini bisa dilihat dari dilaksanakannya Program Mahasiswa Wiausaha sebagai upaya untuk menumbuhkan kewirausahaan dan mencetak para pengusaha yang berbasis ilmu pengetahuan. Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa tingkat pengangguran terbuka di Indonesia pada tahun 201 4 mencapai 6,25% atau 7,9 juta dan jumlah lulusan perguruan tinggi sebanyak 688.660 orang (495.1 43 Sarjana dan 1 93.517 Diploma).

Bisa dilihat jumlah lulusan perguruan tinggi yang mengarah pada pencari kerja lebih banyak dari pada yang menciptakan lapangan pekerjaan. Seperti halnya Batam yang notabene adalah kawasan industry merupakan surga bagi tempat pencari kerja. Banyaknya jumlah penduduk dan industry di Batam bisa menjadi peluang usaha bagi generasi muda yaitu mahasiswa. Program Mahasiswa Wirausaha Politeknik Negeri Batam bisa membantu mahasiswa yang memiliki ide dan gagasan bisnis untuk dikembangkan. Begitu juga mahasiswa yang juga sudah punya usaha juga bisa mengembangkan diferensiasi produknya


Manfaat Program Mahasiswa Wirausaha Bagi Mahasiswa Politeknik Negeri Batam dalam proses Pembelajaran berwirausaha adalah 1) mengasah kemampuan soft skill berwirausaha 2) memperoleh kesempatan dalam menjalankan kegiatan bisnis 3)menumbuhkan jiwa bisnis mahasiswa yang dimulai sejak masa muda agar ada keberanian dalam menjalankan usaha

Program Mahasiswa Wirausaha ini adalah untuk memfasilitas para mahasiswa yang mempunyai minat berwirausaha dan memulai usaha dengan basis ilmu pengetahuan, teknologi serta program ini juga memfasilitasi bagi mahasiswa yang juga sudah memiliki usaha. Mewujudkan dan menanamkan jiwa kewirausahaan adalah tanggung jawab institusi pendidikan yaitu Politeknik Negeri Batam, Mewujudkan budaya dan jiwa Kewirausahaan adalah sebagai semangat, sikap dan perilaku atau kemampuan seseorang dalam melihat peluang usaha dan mengelola usaha.

Ketentuan mengikuti program Mahasiswa Wirausaha tahun 2015 bisa di lihat di learning, web dan FB Politeknik Negeri Batam, selain itu adik-adik mahasiswa juga bisa menghubungi kordinator PMW di Jurusan Masing-masing. Salah satu ketentuan yang penting adalah harus lintas jurusan agar dalam berwirausaha bisa lebih bersinergi.

Jangan lupa ya adik-adik mahasiswa segera daftar yaaa di PMW 2015

Salam Entrepreneur adik-adik mahasiswa, Tetap Semangat!

Penulis : Shinta Wahyu Hati - Dosen prodi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Batam

0 komentar:

Post a Comment