Friday, March 6, 2015

Mahasiswa Berkarakter Dinamis



Tuntutan mahasiswa di era ini sangat tinggi, mahasiswa adalah bagian dari civitas akademika di pendidikan tinggi, mahasiswa harus mampu menjadi Agent of Change dan Social Control bagi lingkungan daerahnya dan negaranya. Mahasiswa adalah bagian dari civitas akademika di pendidikan tinggi yang memiliki intektual tidak hanya dalam bidang akademisi tapi juga intelektual pemikiran dan wawasan yang harus bisa menjawab permasalahan-permasalahan di negeri ini.

Dibutukan mahasiswa yang berkarakter dinamis dalam mewujudkan agent of change dan social control. Mahasiswa sebagai agent of change adalah mahasiswa yang berkarakter dinamis mampu bergerak untuk melakukan perubahan dan cita-cita kedepan bangsanya. Bergerak sebagai pembaharu merupakan karakter pemimpin dengan berbagai tantangan yang dihadapi di dunia kampus dan kontribusinya pada masyarakat. Mahasiswa harus bisa memberi warna pada kehidupan kampus melalui kegiatan organisasi, pada aktivitas kelembagaanya di organisasi mahasiswa belajar menghargai perbedaan dan menerima perbedaan, toleransi dan saling menghormati. Mahasiswa belajar bekerjasama dalam tim untuk mewujudkan cita-cita organisasi. Mahasiswa belajar berkompetisi dengan menghormati dan mentaati mekanisme organisasi, belajar untuk problem solving dengan berbagai tantangan yang ada. Harapannya mahasiswa nantinya akan bisa menjadi sumberdaya manusia yang berdaya saing di berbagai industry dan mengusai teknologi.

Mahasiswa sebagai social control harus memiliki sikap kritis dengan berbagai perubahan yang ada untuk kepentingan masyarakat, bersikap kritis tidak harus dengan jalan demonstrasi yang mengarah ke anarkis tetapi dengan melakukan kegiatan positif sebagai bentuk control dan aspirasi dengan menghidupkan kajian diskusi, riset dan menulis dengan menyuarakan masalah–masalah yang ada di masyarakat. Kegiatan yang mengarah pada social control akan menghidupkan atmosfer akademik, budaya kampus yang egaliter dan membangun kesetaraan.


Diperlukan upaya-upaya yang efektif dari kelembagaan perguruan tinggi untuk mendorong dan mendukung organisasi kegiatan mahasiswa untuk lebih aktif dan sebagai motor penggerak daya saing perguruan tinggi, selain itu sebagai lahan proses belajar dan menempa diri bagi para mahasiswa untuk belajar berdinamika serta sebagai proses untuk menjadi pemimpin yang bekarakter dan unggul dimasa depan. Cerdas tangkas kreatif seharusnya menjadi semboyan mahasiswa.

Penulis : Shinta Wahyu Hati - Dosen prodi Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Batam

0 komentar:

Post a Comment