Friday, February 20, 2015

5 Lokasi Pantai Yang Ada Di Batam




Berikut adalah objek wisata pantai di kota Batam, semoga bisa menjadi referensi buat kawan-kawan yang sedang merencakan liburan.

1.      Pantai Tanjung Pinggir



 
Letaknya di kawasan Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam. Pantai Tanjung Pinggir merupakan pantai yang tidak dihiasi oleh pasir putih disekitarnya, hanya didominasi oleh banyak bebatuan yang terdapat di sepanjang pesisir pantai. Maka, pantai ini tidak begitu ramai dikunjungi oleh para wisatawan bahkan pada hari libur, karena pecinta wisata bahari sebahagian besar lebih menyukai pantai dengan pasir putih. Bahkan Pantai Tanjung Pinggir ini tidak begitu populer di mata masyarakat Batam. Dikarenakan pantai ini tidak terlalu ramai oleh para wisatawan, maka sudah dipastikan kondisi pantai ini bisa dinilai cukup bersih dari sampah-sampah plastik yang biasanya banyak ditemukan di pantai-pantai yang lain. Pepohonan-pepohonan rindang yang menghiasi kawasan pantai ini mempunyai nilai tambah tersendiri di mata para wisatawan, karena bisa digunakan untuk bersantai ria dengan suasana yang teduh.
Bahkan Pantai ini juga bisa menjadi alternatif pilihan bagi sekelompok orang yang ingin mengadakan kegiatan alam seperti kegiatan Camping Ground, Outbond dan memancing. Ketika air laut sedang surut, para wisatawan juga dapat melakukan kegiatan lain yang tidak kalah serunya seperti mengitari pantai hingga jarak 100 meter atau mencari satwa-satwa laut, berbagai jenis kerang atau bebatuan laut yang terdapat di dalam kubangan, bahkan jumlahnya cukup banyak.
Budget : Biaya Masuk Pantai Tanjung Pinggir dikenakan Rp.5.000

2.      Pantai Marina

Pantai Marina merupakan salah satu obyek wisata bahari di Batam, terletak di kawasan Marina Water Front City yang berada di bagian barat dari Pulau Batam. Selain sebagai kawasan wisata, pantai ini juga berfungsi sebagai pelabuhan Ferry Internatinal Water Front City.Tempat ini menjadi salah satu pilihan para warga Batam untuk berlibur.Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dan dapat membuat betah siapa saja yang berkunjung ke sini. Bahkan pada saat cuaca cerah, kita bisa melihat Marina Bay Sands di Singapura. Hal ini dikarenakan letak Pantai Marina menghadap ke Selat Singapura. Tidak hanya itu saja, pemandangan sunset di pantai ini juga merupakan momen yang paling banyak diminati karena memiliki pesona tersendiri.
Budget : Untuk dapat memasuki Pantai Marina dikenakan tarif Rp 6.000 per orang untuk dewasa dan Rp 3.000 per orang untuk anak-anak. Namun harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan yang ada.



3.      Pantai Mirota

Pantai Mirota,Mendengar namanya mungkin sudah tak asing lagi bagi masyarakat Pulau Batam dan sekitarnya. Pantai Mirota ini termasuk salah satu jenis wisata bahari yang terpopuler selain Pantai Melur dan Pantai Nongsa yang namanya sudah terdengar hingga ke mancanegara. Pantai Mirota terletak di Desa Sijantung, Kecamatan Galang, Pulau Galang Baru yang merupakan sebuah pulau yang memiliki begitu banyak pantai di pesisirnya meskipun sebahagian dari pantai-pantai tersebut belum dikelola dengan baik oleh pemerintah sehingga keberadaannya dibiarkan begitu saja.Namun,untuk Pantai Mirota ini Pemerintah sudah cukup maksimal dalam mengelolanya.Pantai Mirota sendiri terletak di kawasan Jembatan V Barelang atau Jembatan Tuanku Tambusai.Sehingga apabila para wisatawan melintasi jembatan tersebut,maka akan terlihat panorama pantai yang indah dengan perairannya yang berwarna biru dan dikelilingi oleh berbagai pulau-pulau kecil di sekitarnya.Sangat eksotis !
Selain itu Pantai Mirota juga sering jadikan objek fotografi di kalangan fotografer dan juga sebagai tempat berkumpulnya Komunitas Fotografer Pulau Batam untuk mengadakan silaturahmi.Bahkan terkadang ada beberapa orang yang menjadikan Pantai Mirota sebagai objek foto Prewedding.
     Budget: Harga tiket masuk ke kawasan Pantai Mirota ini sangat terjangkau, hanya Rp. 3.000,- Anda sudah dapat menikmati berbagai keindahan yang ada di kawasan Pantai ini. Bagi Anda yang datang dari luar kota atau luar daerah, pihak pengelola Pantai Mirota juga menyediakan tempat penginapan berupa cottage yang dapat digunakan oleh para wisatawan dengan harga Rp. 400.000,-. Namun penginapan ini hanya menyediakan fasilitas listrik pada malam hari saja.

4.      Pulau Puteri 
 


Salah satu pulau terluar Batam yang berbatasan langsung dengan Singapura. Pulau ini bentuknya oval memanjang kira-kira sepanjang 199 meter dengan garis tengahnya tak lebih dari 50 meter. Aroma perbatasan Indonesia dan Singapura amat terasa dengan terlihat gedung-gedung pencakar langit Singapura dari kejauhan. Turis asing dari mancanegara maupun lokal sering berkunjungdan berenang bahkan bisa menyelam dipulau ini.
 


Budget: Untuk akses kepulau ini tidaklah sulit,dengan menggunakan bot pancung biaya Rp.10.000 untuk pulang pergi kita sudah bisa sampai kepulau ini.


5.      Pantai Melayu



Pantai Melayu, yang letaknya berada di kampung Kalat, pulau Rempang,Batam,Kepulauan Riau.Menikmati semilirnya angin laut,hangatnya pasir pantai dan segarnya air laut akan anda dapatkan di sini.Bagi kamu yang memiliki hobbi memancing,jangan lupa membawa peralatan pancing karena di beberapa sudut pantai ini terdapat spot memancing ikan yang ideal.
Untuk menuju ke sana dari kota Batam memakan waktu sekitar 45 menit. Kita akan melewati 4 jembatan Barelang yang merupakan penghubung pulau Batam, pulau Rempang dan pulau Galang. Setelah melintasi jembatan 4 maka di sebelah kanan akan terdapat gapura Pantai Melayu yang juga berfungsi sebagai loket masuk.
Perjalanan ke Pantai Melayu tidak ada yang perlu dikhawatirkan,jalanan yang berbukit namun lurus  dan rata dibalut dengan pemandangan perkebunan para warga warga yang menanam buah naga sehingga terasa nyaman.  Serta anda dapat singgah sejenak di jembatan 1 barelang yang merupakan maskot pariwisata Batam untuk berfoto sebagai kenang-kenangan.

Budget: Biaya yang dikenakan sebesar 5.000 rupiah untuk dewasa dan gratis untuk anak-anak.





 




0 komentar:

Post a Comment