Thursday, January 15, 2015

TIPS MENGHADAPI UJIAN



TIPS MENGHADAPI UJIAN
Dalam beberapa hari kedepan, beberapa kampus atau sekolah baru saja akan melaksanakan ujian akhir semester (UAS). Tentu semua orang ingin mendapatkan hasil yang maksimal saat ujian. Namun, beberapa orang juga menyepelekan cara-cara untuk meraih hasil yang maksimal. Hasil yang maksimal tentu bergantung kepada cara dan proses yang maksimal. Berikut beberapa tips menghadapi ujian:
1.       Buat Suasana Belajar Yang Kondusif.
Pada saat kita belajar, otak kita tentu akan mencerna pelajaran dan itu semua tergantung kepada suasana belajarnya. Suasana belajar juga dipengaruhi bagaimana cara kita dalam mencerna pelajaran. Jadi, kenali dulu bagaimana gaya belajar kita . Fyi, beberapa penelitian mengatakan bahwa belajar menggunakan music yang disukai akan mempermudah proses belajar kita lho.
2.       Pilih Waktu Yang Tepat
Waktu belajar yang paling pas adalah pada saat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar yang sama. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan yang lain.
3.       Mengerti Konsep Dari Materi
Banyak orang yang keliru dalam proses belajar dikarenakan mereka tidak mengerti konsep dasarnya. Padahal, hal ini sangat penting buat kelanjutan materi-materi berikutnya.
4.       Hapalkan Kata-Kata Kunci
Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu. Atau juga membuat sebait lagu yang berisi materi-materi.
5.     Latih Sendiri Kemampuan Kita
Tanpa disadari, kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari dosen/guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita.
6.     Sediakan Waktu Untuk Istirahat
Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.
7.     Persiapkan mental (psikis)
jika materi sudah anda kuasai tanpa didukung dengan mental (psikis) yang baik maka hal itu akan mengurangi kesiapan kita dalam menghadapi ujian. Tidak sedikit yang mengalami demam panggung seperti grogi pada saat ujian, hal ini akan membuat konsentrasi kita terpecah dan materi pelajaran yang semula kita kuasa akan lupa pada saat ujian.

(sumber: data diolah)

0 komentar:

Post a Comment