Thursday, January 15, 2015

HARI SEJUTA POHON SEDUNIA



DO YOU KNOW?
HARI SEJUTA POHON SEDUNIA.

Setiap tanggal 10 Januari, masyarakat dibelahan dunia merayakan hari sejuta pohon. Hari sejuta pohon adalah hari yang pada umumnya diperingati dengan penanaman pohon ataupun tanaman secara massal. Meski tidak banyak selebrasi yang digelar, penting untuk mengetahui kelestarian pohon yang bermanfaat banyak bagi manusia.
Pohon diketahui dapat mengurangi kadar CO2 di udara dan dapat menahan laju air sehingga akan lebih banyak yang terserap ke dalam tanah.
Pohon, batang hidup dengan daun hijau, dan memiliki proses fotosintesis yang mengagumkan, menjadi komponen alam penting bagi manusia dan hewan. Pohon diketahui dapat mengurangi kadar CO2 di udara dan menghasilkan O2. Pohon juga dapat menahan laju air sehingga akan lebih banyak yang terserap ke dalam tanah.
Dikutip dari sebuah artikel nationalgeographic.co.id mengatakan bahwa menurut penelitian, tegakan hutan yang berdaun jarum mampu membuat 60 persen air hujan terserap tanah. Bahkan tegakan hutan yang berdaun lebar mampu membuat 80 persen air hujan terserap tanah. Dengan kemampuan ini akan meningkatkan cadangan air tanah yang berujung pada kesejahteraan manusia.
Coba bayangkan bagaimana keadaan tanah yang sudah tandus dan habitat makhluk hidup didalamnya. Memperihatinkan bukan? Ayo, peduli terhadap lingkungan! Mulailah dari hal terkecilJ (KAA)

0 komentar:

Post a Comment