Saturday, October 18, 2014

Paradigma Sukses : Katanya VS Faktanya

Sukses adalah saat kita mendapatkan sesuatu yang sangat kita inginkan melalui proses yang baik dan benar. Pada saat kita berhasil mendapatkannya bukan hanya diri kita sendiri yang merasa puas  namun orang-orang disekitar kita merasa bangga terhadap kita. Jadi sukses itu relative. Kita tidak bisa menentukan sukses atau gagalnya seseorang berdasarkan penilaian menurut kita.

Saya beri sebuah bocoran besar, sebenarnya kita telah diberikan potensi yang sangat besar untuk sukses oleh Yang Maha Esa. Kamu bisa sukses seperti Albert Einstein , Bob Sadino atau tokoh idola mu yang lain. Kecuali jika idolamu adalah tokoh kartun. Perlu kita ketahui mengapa banyak orang yang tidak sukses disbanding orang yang benar-benar sukses. Itu karena mereka memiliki paradigma yang keliru tentang sukses.  Berikut katanya dan faktanya :

1.      Katanya : sukses itu factor keturunan
Faktanya : tidak ada hubungan ilmiah antara sukses dengan latar belakng keluarga. Orang tua sukses belum tentu anaknya juga ikut sukses. Jika mendapat warisan dan langsung kaya raya, itubelum bisa di golongkan sebagai orang sukses.

2.      Katanya : sukses itu factor hoki
Faktanya : keberuntungan atau Hoki yang bahasa inggrisnya L.U.C.K (Labour Under Correct Knowladge) yang artinya Berusaha dengan pengetahuan yang benar. Maksudnya adalah HOKI tidk datang dengan sendirinya namun harus di jemput dengan usaha dari diri kita sendiri.

3.      Katanya  : sukses itu karena factor nasib
Faktanya :  banyak orang yang salah mengartikan nasib itu adalah sekenario yang mutlak. Bukan demikian pengertian nasib. Ingat, Allah tidak akan merubah nasib seseorang, jika seseorang itu tidak mau merubahnya. Jadi kalu kita tidak sukses jangan menyalahkan Allah.

4.      Katanya : sukses itu karena factor Shio, Zodiak, Hari, Jam dan tanggal lair
Faktanya :  itu semua tidak ada hubungannya, coba kalian temui orang-orang yang kalian anggap sukses, tanyakan apa Shio, Zodiak, kapanlahirnya . nyatanya apapun Zodiak danShionya kita bisa gagal ataupun sukses . jangan percaya kepada Ramalan Zodiak yang sering ada di majalah, internet, atau sebagainya. Tetap percaya kepada kemampuan dirimu sendiri.

5.      Katanya : sukses itu karena factor keempurnaan fisik
Faktanya : banyak khasus terjadi dimana orang-orang dengan ketidaksempurnaan fisik justru lebih sukses disbanding orang yang memiliki fisik lebh sempurna. Itu semua karena mereka mampu mengubah kekurangan menjadi kekuatan untuk diri mereka.

6.      Katanya : sukses itu karena factor tingkat pendidikan formal
Faktanya : tingkat pendidikan formal seseorang tidak menjamin suksesnya seseorang . misalnya, pembisnis dan motivator nomor satu di Indonesia, Andri Wongso. Yang lulusan SDTT (Sekolah Dasar Tidak Tamat). Tidak Tamat SD saja bisa sukses. Tingkat pendidikan formal tinggi tetap penting, namun bukan menjadi penentu.

7.      Katanya : sukses itu karena factor usia.
Faktanya : seorang dengan usia yang lebih muda belum tentu lebih sukses dibandingkan dengan yang lebih tua. Contohnya, KOlonel Sanders yang memulai bisnis ayam goring di usa 65 tahun. Jangan jadikan usia sebagai pembatas kesuksesan.

Nah berdasarkan Check and Recheck tersebut maka jelas sudah bahwa “katanya-katanya” adalah paradigma sukses yang salah. Ada sebuah pepatah “tua sukses itu biasa, muda sukses itu luar biasa, muda tidak sukses – sukses itu kebangetan”.

By : Hesty


0 komentar:

Post a Comment