Thursday, October 2, 2014

Cerita Nirmana Mahasiswa MJ

Cerita Nirmana Mahasiswa MJ

Nirmana, sebuah bentuk tanpa angan-angan, tanpa rupa dan tanpa wujud. Yang juga merupakan tugas mata kuliah desain grafis yang cukup menghebohkan mahasiswa khususnya Prodi Multimedia dan Jaringan (MJ).

Pertama kali mengenal Nirmana sepertinya bakalan seru dan menarik. Tapi setelah diberi Tugas, ternyata oh ternyata, gak nanggung nanggung. Bagaimana tidak, tugas yang deadlinenya hanya  satu minggu itu harus terisi dengan 102 bentuk gambar (17 Lembar HVS) yang berbeda dengan aturan-aturan tertentu . “Tugas ini memang membuat kami tertantang, sampai-sampai teman pada tidak tidur, ujar singkat seorang mahasiswa MJ. “Ya sebenarnya itu tergantung kita mengatur waktu masing-masing pribadi”, tambah seorang mahasiswa MJ.

Untuk nirmana, awalnya sedikit bingung, kenapa harus menggambar garis dan titik ? Mengapa prodinya MJ tapi tugasnya garis, titik, garis, titik. Tapi senior kami pernah mengatakan bahwa, "Tugas nirmana diberikan untuk melatih kreatifitas dan seni artistik".

Dari situ saya (dibaca : penulis) langsung paham bahwa Nirmana itu memang benar-benar melatih kreatifitas, keterampilan dan seni artistik yang kita miliki. Bukan hanya seni artistik dengan nirmana kita juga dapat mengekspresikan diri . Dari gambar yang awalnya kurang bagus lama-kelamaan jika dilatih terus sampai 17 Halaman, menjadi lebih bernilai dan lebih bermakna.


Nirmana juga merupakan awal dari seorang designer untuk mengenal lebih jauh lagi dunia design yang lebih expert. (sunwin)