Wednesday, September 3, 2014

UKM Politeknik Negeri Batam akan kaderisasi maba

LPM Paradigma – Masa-masa sekarang adalah masanya orientasi mahasiswa, memperkenalkan mahasiswa kepada lingkungan barunya, khususnya kampus Politeknik Negeri Batam. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperkenalkan mahasiswa kepada lingkungannya, seperti yang dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Politeknik Negeri batam. Rencananya UKM Politeknik Negeri Batam akan melaksanakan proses pengkaderan kepada mahasiswa baru Politeknik Negeri Batam. Hal ini guna untuk mencetak kader-kader terbaik yang akan meneruskan perjuangan sebuah organisasi.



Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan dalam 6 tahap, yaitu proses pengenalan unit kegiatan mahasiswa, registrasi, pra-pengkaderan, pengkaderan, dan penetapan kader yang lulus seleksi serta diakhiri dengan musyawarah besar (mubes).


Pengenalan UKM berfungsi untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru dan memberi daya tarik kepada mahasiswa baru untuk bergabung, kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk pameran UKM yang akan dilaksanakan pada Jum,at (5/9) sampai dengan Selasa (9/9).  Dalam kegiatan ini juga akan dibagikan brosur serta form untuk pendaftaran magang di sebuah organisasi. Setelah tahapan pengenalan dilaksanakan, selanjutnya akan direncanakan dilaksanakan proses registrasi kader organisasi yang diakhiri pada jumat (12/9). Setelah didapat kader-kader organisasi barulah kader-kader tersebut diikut sertakan dalam proses pra pengkaderan yang dilaksanakan selama satu bulan mulai dari 15 september 2014 sampai 11 oktober 2014.


Dalam proses pra-pengkaderan, setiap Unit Kegiatan Mahasiswa akan dibagi dalam beberapa bagian. Untuk hari selasa akan diisi oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), Komunitas Pencinta Alam (K-PAL), PEC. Hari rabu akan diisi oleh EL-Shadai dan BLUG, pada hari jumat akan diisi oleh KUAS dan ENERGY, serta diakhiri pada hari sabtu oleh IMMPB, MENWA, serta KOP.


Setelah mahasiswa baru menyelesaikan tahapan sampai kepada pra-pengkaderan barulah mahasiswa baru Politeknik Negeri Batam ikut dalam proses pengkaderan yang disesuaikan dengan Anggaran Dasar (AD) dan Anggran Rumah Tangga (ART) masing-masing organisasi.


Diharapkan dengan adanya proses-proses ini, terciptalah mahasiswa yang memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai pancasila dan nilai-nilai ke-politeknik-an (LPM2014)