Sunday, September 28, 2014

Ayo Baca Biar Gak Kena Jambret!


AYO BACA BIAR GAK KENA JAMBRET !

Apa itu jambret ?, saya rasa semua orang tidak asing lagi dengan kata-kata ini, apalagi saat sekarang ini, beberapa orang mengatakan kota Batam penuh dengan jambret.

Jambret adalah kegiatan bermodus jahat yang dilakukan dengan merebut barang milik orang lain yg sedang dipakai atau dibawa, bahkan bisa sampai merenggut nyawa korban .

Pada intinya kegiatan jambret ini dilakukan karena pemenuhan kebutuhan hidup yang tidak terpenuhi, sehingga pelakunya melakukan kegiatan jahat (kriminal) dengan merebut apa yang dipakai atau dibawa korban, seperti : perhiasaan, handphone, tas, uang, dan yang paling ekstrim merenggut nyawa korban.

Pelaku jambret ini ada yang sendirian seperti yang sering kita lihat di televisi, ada juga pelaku jambret memakai motor dan ada juga penjambret yang berkelompok yang kemudian melakukan aksinya dengan memberhentikan korban secara paksa ditengah jalan.
 
Sumber gambar : http://onbatam.com/wp-content/uploads/2014/09/batam-view1.jpg

Biasanya target penjambret adalah para wanita, kenapa wanita ??
Karena wanita dianggap sering dianggap lemah dan biasanya para wanita sering memakai perhiasan-perhiasan yang berharga. Tentunya penjambret juga tidak menjambret sembarangan orang, sebelumnya mereka sudah melihat targetnya dulu. Apakah target ini lemah atau kuat, memiliki banyak uang, barang atau perhiasan.

Bagaimana penjambret melakukan aksinya ??
1.      Mereka selalu memperhatikan target atau korban.
2.   Waktu dan tempat kejadian, dimana waktunya harus pas, jangan sampai mereka tertangkap basah dan akhirnya masuk sel sehingga merugikan diri sendiri. Tempat kejadian juga harus pas, terutama dimalam hari, karena dimalam hari tidak terlalu ramai.
3.    Barang yang akan dijambret, pastinya mereka sudah menargetkan mereka harus menjambret barang apa ?, berapa banyak orang ?, berapa banyak barang atau uang yang berhasil mereka jembret?
4.   Mereka bergerak sangat gesit, cepat, melakukan aksinya dalam beberapa menit atau detik kalau bisa, dengan teknik merampas pastinya.

Apa tanggapan masyarakat mengenai jambret ??
1.       Menurut Ji Ahui, mahasiswa Kampus Galileo, semester tiga : “Sebaiknya diberi hukuman penjara selamanya, dipublikasikan tersangkanya. Selain itu dari pihak polisi juga harus bertindak semestinya, polisi jangan hanya diam saja atas kasus jambret yang sudah banyak terjadi di Kota kita ini, menurut aku polisi terlihat tidak perduli dan tidak melakukan pencarian yang jelas, akibatnya pelaku jambret terus beraksi sampai memakan korban”.
2.      Menurut Novi Yuni, mahasiswa UNIBA semester lima : “Sebaiknya para wanita harus waspada, tidak boleh memakai dan barang-barang mewah agar tidak dilirik oleh para penjambret. Penjambret Harus dihukum Karena telah merugikan masyarakat apalagi rata-rata korbannya para wanita yang kaum lemah, dihukumnya kalo bisa jangan hanya dipenjara tapi juga dipukul”.  
3.      Menurut Siska Lim, karyawan swasta di Batu Ampar : “Bagi korban penjambretan, sebaiknya langsung melaporkan kepada pihak yang berwajib, agar oknum aparat dapat bertindak cepat dalam memproses kejadian yang sudah terjadi dan dapat menangkap pelakunya, kecuali kalau kalian ikhlas kalian dijambret, kalian gak usah melaporkan kepihak yang berwajib”.
4.      Menurut seorang ibu rumah tangga : “Yah buat anak-anak sebaiknya hati-hati ajalah, apalagi jaman sekarang ini. Kalau pulang kuliah jangan kelayapan kemana-mana, apalagi bagi yang kuliah malam, kalau bisa pulangnya sama tema-teman jangan sendiri nanti ditarik dari belakang”.

Tips-tips supaya terhindar dari jambret :
Mungkin penulis kasi tips sedikit bolehlah yah, apalagi buat wanita yang sering jadi target :
1.  Jangan memakai perhiasan berlebihan, kalau mau memakai perhiasan bisa aja sih, tapi harus lihat-lihat siituasi dan kondisi yah, jangan sampai penjambret melirik perhiasanmu.
2.   Pada saat mengambil uang di Bank, masukkan uang ketempat yang tidak transparan oleh mata, taruh ditas yang amam. Bawalah teman atau pacarmu agar kamu tidak sendirian.
3. Jangan suka pamer gadget ya, apalagi kita sebagai anak muda sebaiknya gadget itu jangan dipamer-pamerin, kamu bukan counter, oke (y).
4. Usahakan kamu tidak sendirian, karena jika kamu sendirian mereka akan sangat mudah menjambret.
5.    Belajar beladiri kalau bisa
6.   Hindari tempat sepi, terutama malam hari
7.   Ada baiknya kamu tampil sederhana, yes.


            Mungkin itu saja yang dapat penulis sampaikan penjambret memang bahaya, apalagi yang sampai memakan korban, ini semua terjadi karena kehidupan yang sudah sangat keras ini, sehingga terjadilah tindak kejahatan. Penulis membuat  ini karena penjambretan yang sedang marak-maraknya terjadi di Kota kita tercinta ini, semoga teman-teman sekalian terhindar dari jambret dan korban penjambretan tidak bertambah lagi. (damayanti)