Tuesday, July 1, 2014

Politeknik Negeri Batam Siapkan Mahasiswa untuk Berwirausaha

LPMPARADIGMA - Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) merupakan program dikti yang dikoordinasikan oleh Politeknik Negeri Batam. Program ini merupakan program rutin tiap tahun diadakan oleh Politeknik Negeri Batam. Program ini juga sebagai wadah untuk menampung, mendukung, memotivasi juga menunjang kreatifitas mahasiswa/i Politeknik Negeri Batam terutama dalam bidang Wirausaha dan ini sudah kali keempat politeknik mengadakan Program Mahasiswa Wirausaha.

Peserta Program Mahasiswa Wirausaha ( photo : ulfa & windi )
Program Mahasiswa Wirausaha yang diketuai oleh Bu Sinta sekitar 2 bulan ini telah menghasilkan 14 kelompok usaha yang telah melewati beberapa tahapan dan  tentunya dengan ide usaha yang sangat menarik. Mereka adalah 

1. Ceria Studio
2. Techno Prism Innovations
3. ASOL-G (Automatic Smart Overcome LPJ)
4. Sonu Lestari
5. Simple Speaker / Barelang Speaker
6. BASO Sparklet
7. Face Buah
8. Bubblebee Savon
9. Bakso Mas Timbel
10. Getir ( Nuget Jamur Tiram)
11. Spectrum
12. Kembang Tahu Merdeka
13. Konveksi Baju Melayu
14. Light Up Cops

Pengarahan Program Mahasiswa Wirausaha ini diselenggarakan pada Selasa (01/07) di Lantai 1 ruang 102 Politeknik Negeri Batam pukul 12:15 WIB. Pengarahan PMW ini berisi ketentuan-ketentuan, dan kewajiban-kewajiban, yang harus dijalankan kelompok usaha. Tujuannya agar kelompok usaha tau kewajiban apa yang harus mereka laksanakan.

Perseta Program Mahasiswa Wirausaha ( foto : ulfa & windi)
Adapun beberapa hal wajib yang harus dijalankan para kelompok usaha yang disampaikan oleh Bu Sinta Selaku Ketua Program ini adalah sebagai berikut :
• Melaksanakan Program
• Melaksanakan Magang
• Membuat Laporan
• Mengikuti Kegiatan Inisiasi dalam pengembangan usaha
• Mengikuti Bazar

Pengarahan ini juga diikuiti dengan pengumuman dana pengembangan usaha yang disampaikan oleh Bapak Bambang selaku Kepala BAK. “Berdasarkan pengalaman ditahun-tahun sebelumnya, kita belum efektif menghasilkan calon enterpreneur yang tangguh dan sungguh-sungguh, sekarang perlu diadakan semacam modifikasi agar lebih efektif ” tegas kepala BAK ini disela-sela pengarahannya.

Ketua BAK Politeknik Negeri Batam ( foto : ulfa & windi )
Dana yang akan menjadi inisiasi awal pengembangan usaha para kelompok usaha ini ialah dari Pemerintah. Maka dari itu dana yang nanti akan diberikan kepada kelompok usaha harus digunakan dan dimanfaatkan seefektif mungkin. Dana yang diberikan ini dinilai berdasarkan presentasi dan proposal yang diserahkan kelompok usaha kepada ketua juga tim PMW.

Dana ini memang tidak sepenuhnya berdasarkan pengajuan dana yang ada diproposal tiap-tiap kelompok usaha, namun dana ini diharapkan dapat dijadikan sebagai inisiasi awal pengembangan usaha dan dapat dikelola dengan baik oleh semua kelompok usaha” Ujar Bu Sinta. 

Buk Sinta Saat penyampaian pengarahan (foto : ulfa & windi )
Beliau juga menambahkan apabila ada progres yang cukup baik, baik itu dalam pendapatan, Laporan kegiatan, Arus Kas, Penjualan produk, maka dalam 3-6 bulan kedepan ada kesempatan untuk masing-masing kelompok usaha mendapatkan penambahan modal.

Pengarahan kemudian dilanjutkan dengan petunjuk pembuatan laporan magang oleh Bu Ely. Beliau menjelaskan bahwa Laporan Magang ini merupakan syarat pencairan dana kerekening calon enterpreneur masing-masing.

Laporan magang berisi diantaranya :
• Visi dan Misi perusahaan
• Gambaran Umum Perusahaan
• Proses Bisnis
• Struktur Organisasi
• Lokasi Perusahaan, dsb

Beliau juga menambahkan bahwa laporan ini harus diselesaikan dalam 1 minggu setelah magang. Setelah selesai pengarahan, peserta pun mengajukan beberapa pertanyaan terkait dana anggaran, pelatihan Sumber Daya Manusia dan juga terkait jadwal magang yang ditetapkan.

Kamis (03/07) akan dilaksanakan penandatangan MOU (Memorandum Of  Understanding) perjanjian kerjasama antara kelompok usaha dan Politeknik Negeri Batam sebagai wujud legitimasi agar kelompok usaha bertanggung jawab atas dana yang diberikan juga agar masing-masing pihak mengetahui hak dan kewajiban yang harus dijalankan. (RMS)

@LPMPolibatam

0 komentar:

Post a Comment