Monday, May 12, 2014

Susah?? Di gampangin aja !

Susah?? Di gampangin aja !

Belum mahir berbahasa asing meskipun udah mati – matian belajar ? Akhirnya, mutusin buat jadi orang pasif yang hanya sekedar tau bahasa tersebut tapi gak mau mendalami, bahkan mungkin gak mau sama sekali mengenalnya dengan alasan "gue mah cinta Indonesia men.." atau "gak penting ahh, toh gue juga gak mau kerja di luar negeri", juga "susah tau belajar bahasa asing itu".

Yap.. Alasan yang emang paling bener ya itu. SUSAH. Tapi apa iya karena susah gak mau belajar ? Gak dong, rugi... Mending yang susah itu digampangin aja. Ya gak ??
Nah ini ada beberapa tips untuk mengampangkan belajar bahasa asing yang susah itu. Sempga bermanfaat :D

1.     Niat
Ini super penting ! Karena kalo gak ada niat yah gak akan masuk tuh ilmu.

2.     Sebelum belajar, anggaplah dirimu adalah warga negara asing tersebut
Permainan psikologis. Kamu pasti akan malu jika kamu gak bisa berbahasa negara asli mu kan? So, kamu pasti akan berjuang dan gak kenal lelah untuk mempelajarinya.

3.     Belajar secara teratur
Saat belajar, jangan pernah pindah ke materi selanjutnya jika kamu belum menguasai materi yang saat itu kamu pelajari. Cobalah untuk fokus dan teratur agar kamu mendapatkan ilmu tersebut secara full.

4.     Hafalkan kosa kata baru setiap hari
Biar gak berhenti di itu – itu aja. Kamu wajib menguasai kosa kata bahasa asing tersebut. Yah, minimal 5 kata setiap harinya. Hafalkan kata – kata yang digunakan dalam kehidupan sehari – hari.

5.     Praktik
Lakukan praktik percakapan dengan teman mu yang menguasai bahasa asing tersebut. Hal ini dilakukan agar kamu terbiasa berbicara dan mengingat apa saja yang telah kamu pelajari serta menjadikan tolak ukur kemampuan kamu.

6.     Seringlah menonton film atau mendengarkan lagu dari bahasa asing tersebut
Bisa menulis belum tentu bisa membaca kan? Agar kamu bisa keduanya seringlah mendengarkan lagu atau menonton film yang menggunakan bahasa asing. Ini juga dapat membantu kamu menambah kosa kata dari bahasa asing tersebut.

7.     Jangan jadikan beban
Ini merupakan tips yang paling penting yang harus kamu lakukan. Kenapa? Karena jika kamu lebih dahulu menganggap bahasa asing itu susah dan menjadikannya beban, maka secara otomatis kamu akan dikendalikan oleh pemikiran kamu tersebut. Akhirnya kamu Jadi berhentilah berfikir itu beban.


By : Fajar AR

0 komentar:

Post a Comment