Wednesday, May 14, 2014

Seragam atau Bebas


Sejak SD di Indonesia para siswa menggunakan pakaian yang seragam, dari hari Senin hingga sabtu. Begitupula saat kita smp, dan sma. Mungkin di antara kita dulu mempunyai pikiran, “duhh pengin deh pake baju bebas kalo sekolah, biar kanyak anak – anak sekolah luar negri,”. Mungkin pikiran ini banyak mampir di kepala kita semua. Saat masih menggunakan pakaian seragam,memakain baju bebas sangat dinantikan, ini juga menjadi ajang  pamer  bagi sebagian orang,12 tahun di Indonesia proses belajar mengajar memakai pakaian seragam, sejauh mata memandang di sekolah kita hanya melihat pakain yang sama yang kita kenakan.

Lalu saat kita sekarang menjadi mahasiswa apakah pikiran memakai baju bebas lebih keren dibandingkan memakai seragam?? , mungkin ada sebagian yang menyetejui ini. Pada saat awal – awal menjadi mahasiswa, memakai pakain yang tidak seragam saat proses belajar mengajar, seolah menjadi impian yang tersampaikan, setelah 12 tahun hanya memakai seragam  saat di sekolah. Beberapa bulan mungkin ini menjadi menyenangkan bagi sebagian orang, tapi tidak bagi sebagian yang lainnya. Jika dulu kita tidah perlu pusing mau memakai baju apa saat sekolah, karna bajunya seragam, saat kuliah ini kita mulai bingung pakaian apa yang akan kita kenakan.

Mungkin ini tidak bagi semua mahasiswa, tetapi ada sebagian yang seprti itu, kebanyakan kaum cewek yang merasakan ini, saat malam yang di pikirkna bukan matakuliah untuk besok tetapi mau pakai baju apa besok ?  . Inilah pikiran yang biasanya hinggap pada kaum cewek , mungkin khususnya untuk para MABA. Terkadang sepanjang malam sampai pagi mau ngampus  yang dipikirkan adalah pakain yang ingin dikenakan. Lalu misalnya ada mahasiswa lain yang memakai baju sama seperti punya kita kebanyakan diantara kita tidak akan memakai baju itu lagi, yahh ini memang resiko memakain pakain yang bebas, bisa saja pakain kita bukan hanyak kita yang punya.


Berbeda saat kita sekolah sd,smp, maupun sma. Penggunaan pakain yang seragam disini difungsikan agar tidak ada perbedaan kasta diantara para murid , jadi para murid dipandang sama rata. Lalu mengapa pada saat kita menjadi mahasiswa kita tidak menggunakan seragam?. Jangan sampai penggunaan pakain bebas disini malah membuat kita lebih memerhatikan penampilan dari pada ilmu yang kita dapat, memang penampilan juga harus diperhatikan tetapi porsinya harus seimbang.


By : Wiwit Mulyani

0 komentar:

Post a Comment