Monday, May 19, 2014

Pengabdian Yang Terlupakan


Pengabdian Yang Terlupakan

          Politeknik Negeri Batam sebagai salah satu perguruan tinggi tentu punya visi. Salah satunya adalah Tri Dharma perguruan tinggi yang juga menjadi visi bagi seluruh perguruan tinggi lainnya yang ada di Indonesia. Nah.. kawan, tahukah kawan apa Tri Dharma Perguruan tinggi itu? Tri Dharma perguruan tinggi merupakan tiga hal mendasar yang menjadi tanggung jawab mahasiswa sebagai kaum intelektual alias kaum berpendidikan.

          Lantas apa saja isi Tri Dharma perguruan tinggi itu? Oke.. penulis jawab nih, Tri Dharma perguruan tinggi yang pertama yaitu Pendidikan dan Pengajaran. Hal ini mutlak dibutuhkan karena pada dasarnya kita sebagai mahasiswa tidak bisa lepas dari pendidikan dan hal ini sudah diaplikasikan di kampus Poltek dimana para dosennya memang betul-betul mentransfer ilmunya kepada mahasiswa.

          Lalu Tri Dharma perguruan tinggi yang kedua yaitu Penelitian dan Pengembangan. Sama seperti poin pertama, hal ini juga sudah diaplikasikan di kampus Poltek. Buktinya? Liat aja di perpus, disana ada rak khusus berisi Tugas Akhir mahasiswa Poltek terdahulu. Dan tentu saja Tugas Akhir alias TA itu melalui proses penelitian agar bisa jadi seperti itu. Masih belum percaya? Oke.. datang aja ke bengkel robot, liat disana tim robot lagi kerja bahkan begadang sampai larut malam. Tujuannya ya penelitian dan pengembangan yang pada akhirnya membawa harum nama Poltek dalam kompetisi.

          Terakhir, Tri Dharma perguruan tinggi berisi poin yang tak kalah penting dari dua poin sebelumnya. Pengabdian Kepada Masyarakat. Ya.. itulah poin terakhirnya. Dan poin inilah yang belum begitu terlihat di Poltek. Ada, namun tidak seheboh dua poin sebelumnya. Inilah yang perlu kita perhatikan. Kita selama ini terlalu sibuk dengan segala macam tugas dan proyek sehingga melupakan hal yang satu ini. Padahal untuk poin inilah kita kuliah, mengabdi pada masyarakat. Bukan hanya sekedar mengejar nilai dan gelar, bukan hanya sekedar mengejar materi. Karena kitalah yang diharapkan sebagai agen perubahan maka poin tersebut dibebankan pada kita. Nah.. kawan, mulai dari sekarang mari ubah niat kita dalam berkuliah karena masyarakat membutuhkan kita.



By : Arif Safriawan

0 komentar:

Post a Comment