Tuesday, May 13, 2014

Menjadi Anggota Terbaik di Organisasi


Hai teman – teman para pembaca setia website LPM Paradigma, kali ini saya akan membahas mengenai menjadi anggota terbaik didalam sebuah organisasi. Kita semua pastinya pernah menjejaki dunia organisasi, baik waktu kecil dulu sampai saat kita sekarang ini. Di dalam organisasi pasti kita menemukan orang – orang yang berkumpul, bekerjasama tapi lebih sistematis, serta terorganisasi dipimpin oleh seorang ketua umum. Di organisasi kita juga sering memanfaatkan berbagai asfek yang dimiliki oleh organisasi itu, misalnya keuangan, wilayah / tempat, sarana prasarana, dan lainnya.

Tetapi dari semua itu kita pasti menemukan berbagai hambatan, bukan saja kesenangan semata. Salah satunya adalah masalah anggota yang sering terjadi di sebuah organisasi, mulai dari anggota yang tidak bayar uang kas, anggota yang tidak ikut aturan, anggota yang sering tidak datang, dan sebagainya.

Berikut saya paparkan bagaimana sih anggota organisasi terbaik itu, yang diharapkan kedepan yang sudah membaca bisa menjadi terbaik serta berlomba menjadi terbaik.

1.     Anggota harus menjalankan visi dan misi organisasi
Setiap organisasi yang baik pasti memiliki visi dan misi yang harus dikejar atau diperjuangkan oleh organisasi itu, anggota juga harus menjalankan dan membantu organisasi itu untuk mencapai visi dan misinya.

2.     Anggota harus mengikuti aturan yang sudah dibuat organisasi
Setiap organisasai yang baik pasti memiliki aturan yang tertulis maupun yang tidak tertulis yang disampaikan langsung kepada anggota oleh ketua umum. Untuk menjadi anggota terbaik, haruslah mengikuti aturan yang sudah disepakati bersama.

3.     Anggota harus professional dan bertanggung jawab dalam bekerja
Anggota dituntut untuk bekerja professional, saat dia sudah memilih sebuah bidang atau divisi dari sebuah organisasi, maka dia harus bekerja secara professional terhadap tanggung jawab yang sudah diberikan.

4.     Anggota selalu mengembangkan ilmu pengetahuannya
Organisasi yang baik senantiasa mengadakan pelatihan untuk menunjang kemampuan dari anggota organisasi, sehingga anggota organisasi lebih baik dari sebelumnya. Anggota dalam hal ini haruslah senantiasa mengikuti kegiatan yang sudah dibuat oleh organisasi, karena ini akan berdampak positif ke diri anggota itu sendiri.

5.     Anggota mengetahui program kerja yang ada di organisasi
Anggota yang baik haruslah mengetahui apa saja yang akan dilaksanakan oleh organisasi yang dia jalankan. Sehingga kontribusi nyata akan lebih terlihat di dalam organisasi yang dijalankan.

Nah itu saja informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi para anggota yang ingin menjadi anggota yang terbaik didalam organisasi yang dijalankannya.

Pesan dari saya pribadi : “jangan jadi anggota yang hanya ikut – ikutan, harus ada kontribusi yang nyata, sehingga organisasi lebih focus mengerjakan hal – hal yang bermanfaat lainnya, bukan hanya soal anggota”

Ayo menulis
MUHAMMAD ALI

www.aliansera.com

0 komentar:

Post a Comment