Monday, May 26, 2014

Kebersihan Dilingkungan Kita

Kebersihan Dilingkungan Kita

Masalah yang  ada disekeliling kita sangat  berada nyaman bersama kita, masalah ini  sangat sederhana sekali jika kita hanya melihat cukup dengan mata saja, tanpa berfikir hal apa yang akan  terjadi dengan hal sederhana ini.

Bagaimana tidak datangnya banjir jika kondisi paretnya seperti itu, hal yang sangat sederhana untuk mengundang banjir, akan tetapi mampu menenggelamkan kota Batam jika semua aliran airnya seperti ini, jangan anda berkata tidak mungkin dengan hal ini.

Foto ini sengaja saya ambil dari paret di sebelah halte di depan Poltek, jika ada yang penasaran silahkan untuk mengunjunginya, siapa tau dengan melihatnya dapat memberi masukan untuk kami, bagaimana cara meningkatkan hal kebersihan itu, karena tadi saya menunggu mobil di halte tersebut.

Kenapa kita baru sadar dengan hal kecil jika hal kecil tersebut telah terjadi, dan telah mengamuk megeluarkan amarahnya, disanalah kita mulai tau dimana letak penyebabnya, hal ini memang hanya hal sepele bagi mereka yang bulum mengalami banjir karena selokan yang kotor, seandainya semua selekoan dibersihkan, saya dapat memastikan untuk kelancaran air untuk mengalir, karena dari salah satu pengebab kebanjiran itu adalah salah masyarakat membuang sampah di sembarang tempat. Satu sampah yang  kita buang dialiran sungai atau aliran paret dan yang lainnya, pastilah sampah itu tidak habis dimakan air, melaikan mencari teman, dan ini bisa menjadi rimbun, satu sampah menjadi ribuan yang di buang orang, lama kelamaan sampahpun menumpuk, dan bisa menghalangi aliran air untuk lewat, karena airnya tidak bisa lewat, sesuai dengan hukum fisika, maka air akan mencari dataran rendah yang bisa untuk dialirinya, nah,,! Hal ini lah salah satu penyebab dari banjir.

Memang tidak semua penyebab banjir itu dari pembuangan sampah saja, banyak hal pemyebab banjir lainnya, seperti penebangan  hutan yang secara liar, kuranganya kesedaran kita untuk menjaga lingkungan kita, akan mengakibat untuk merugi kan kita sendiri.

Karena berasal dari kita, maka akan kembali ke kita sendiri, akan tetapi sedikit disayangkan, terkadang kita yang melakukan kesalahan sering kali orang lain yang menjadi korbannya.

Sekarang kita tidak mencari salahnya, karena kesalahannya sudah kita ketahui, yang kita harapkan sekarang adalah bagaimana bisa kita untuk  merubah suatu kebiasaan lama menjadi suatu kebiasan baru yang mencintai lingkungannya.

Karena permasalahannya hanya masalah sederhana, maka itu kita cukup untuk melakukan hal yang sederhana juga, yaitu kita cukup membuang sampah pada tempatnya, maka itu kita sudah berusaha untuk mencegah untuk kedatangan banjir.


By : Sep Justin

0 komentar:

Post a Comment