Thursday, March 27, 2014

"ROTARY HANDTRACTOR" DALAM PERLOMBAAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA

LPM-PARADIGMA Kamis (27/3) pembukaan lomba TTG (Teknologi Tepat Guna) yang ke-6 di Kepri Mall, Batam. TTG merupakan kreativitas dan inovasi mengenai alat dalam proses yang sederhana, ramah lingkungan serta memiliki nilai tambah tersendiri. Pembukaan lomba TTG ini dihadiri oleh Walikota Batam yaitu Bapak Ahmad Dahlan, Darmawanita Kesatuan, Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan serta para pengunjung yang datang ke  Kepri Mall. 

Tujuan dari diadakannya lomba ini adalah untuk menguji kemampuan masyarakat  dalam mengolah teknologi sederhana dengan melakukan inovasi dan kreativitas menjadi teknologi yang tepat guna. Alat yang telah diolah setidaknya lebih memudahkan masyarakat untuk menggunakan dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.         

Peserta  yang mengikuti lomba TTG ini terdiri dari 26 peserta yang terdiri dari 11 peserta di tingkat pelajar dan 15 peserta di tingkat mahasiswa/ umum. Ke-26 peserta ini memperebutkan hadiah sebagai penghargaan dari karyanya sebesar Rp.64.500.000. Dari 15 peserta mahasiswa/umum, Politeknik Negeri Batam menyumbangkan satu karya dari” Jurusan Teknik Mesin” yaitu sebuah mesin traktor yang disebut “ROTARY HANDTRACTOR”. Untruk mempresentasikan mesin traktor ini, Politeknik Negeri Batam mengirim 3 mahasiswa(i) sebagai perwakilan yaitu Yogi Pranoto (teknik mesin), Arina Juwita (akuntansi manajerial) dan Efrilene Catharona (akuntansi manajerial).

Mesin Traktor ini diciptakan dengan 5 kelebihan yaitu : Murah dan ekonomis, kinerja baik, ramah lingkungan, efektif dan efisien,serta terbuat dari bahan bekas pakai (recycle). Dengan adanya pelombaan ini,  Program Studi Teknik Mesin telah membuktikan bahwa Visi yang berisi “menjadi program studi vokasional terbaik bidang manufaktur yang bermitra erat dengan industry dan bisnis di kawasan regional” telah tercapai. Semoga mampu menjadi pemenang dan sukses untuk kedepannya.

Penulis        : Atika

0 komentar:

Post a Comment