Tuesday, March 18, 2014

Kunjungan Industry oleh ENERGI Politeknik Negeri Batam


LPM-PARADIGMA, Dalam rangka menjalankan program kerja, pada hari sabtu kemarin tanggal 8 maret 2014 UKM ENERGI ( Enterpreneur Generation ) Politeknik Negeri Batam mengadakan kunjungan industry ke rumah salah satu dari mahasiswa politeknik negeri batam jurusan Administrasi Bisnis yaitu Godelifah. Kunjungan industry tersebut dilakukan guna untuk melatih serta memberi pengetahuan mengenai usaha industry yang dijalankan. Kunjungan industry kali ini mengenai usaha pupuk kompos yang dijalankan oleh keluarga dari Godelifah tersebut yang mana dia merupakan salah satu anggota dari ENERGI itu sendiri.

Anggota yang ikut dalam kegiatan ini tidak terlalu banyak hanya beberapa dari anggota ENERGI saja yang ikut dalam kegiatan tersebut. Partisipasi dari para anggota ENERGI pun, menjadikan kegiatan ini menjadi sangat menyenangkan. Banyak sekali kegiatan-kegiatan dalam pelaksanaan usaha pembuatan pupuk kompos tersebut, dari menjemur daun-daun kering dan beberapa kotoran kambing, melihat proses fermentasinya, menghaluskan daun-daun kering serta kotoran kambing, mencampurkan bahan-bahan menjadi satu dan lain-lain. Di sana juga para anggota ENERGI diberi arahan serta diajarkan cara packaging yang benar agar pupuk itu bisa bertahan lama dan bagus untuk digunakan. Selain melihat dan menyaksikan demonstrasi yang dilakukan oleh salah satu keluarga dari Godelifah yaitu ayahnya sendiri, kami turut membantu serta mengerjakan langsung pembuatan pupuk kompos tersebut walau hanya sekedar mengaduk-aduk bahan, menghaluskan bahan serta mempackage pupuk yang sudah jadi.

Sangking antusiasnya para anggota ENERGI mencoba dalam pembuatan tersebut gak terasa hari semakin siang dan waktu makan siang. kegiatan tersebut berhenti dan dilanjuti dengan makan siang bersama antara para anggota ENERGI dengan pengusaha pupuk kompos yaitu keluarga dari Godelifah sendiri. Walau kegiatan itu sangat singkat tapi pelajaran serta pengalaman yang didapat sangat bermanfaat sekali bagi kita yang ingin membuat usaha ini.

Sebelum pulang para anggota ENERGI memberikan sertifikat kepada pengusaha tersebut sebagai oleh-oleh serta sebagai kenang-kenangan dari kegiatan industri ini. terima kasih..




0 komentar:

Post a Comment