Monday, November 18, 2013

Baksos BEM dan Mahasiswa Polbat

Sabtu, 16/11 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bersama mahasiswa Politeknik Negeri Batam (Polbat) melaksanakan Bakti Sosial (baksos) dan progamDesa Binaan di kampung Blongkeng Kecamatan Galang, Batam. Baksos kali ini bertemakan "Tubuh yang Sehat, Berawal dari Air Bersih", tema ini di ambil karena masyarakat kampung Blongkeng sendiri mengeluh untuk air bersih di sana, dikerenakan kampung ini terletak di pesisir pantai sehingga menyulitkan masyarakat sekitar untuk menemukan air bersih. Di temui di sela-sela acara, Ageng Ahmad selaku ketua pelaksana acara menyampaikan bahwa biasanya masyarakat hanya menggali sumur untuk menampung air hujan karena sulitnya menemukan sumber mata air bersih di daerah tersebut.
"Dikarenakan sulitnya mendapatkan air bersih, sehingga kami memutuskan untuk baksos dan progmam desa binaan kali ini untuk membuatkan masyarakat kampung Blongkeng sumur bor, toilet dan tempat pembuangan akhir atau sepsitenk dikarenakan untuk toilet kurang cukup memadai" tutur Ageng.
Tujuan kali ini juga bertujuan untuk mengenalkan Polbat kepada masyarakat luar terutama untuk daerah pinggiran dan yang paling penting adalah menjalankan Tridarma Perguruan Tinggu yang ke 3, yaitu mengabdi kepada masyarakat. Dan diharapkan dengan adanya kegiatan ini salah satu Tri Darma tersebut dapat dijalankan.
Tidak hanya membuat sumur bor dan toilet yang di lakukan mahasiswa Polbat, tapi mahasiswa juga membersihkan sekitar lingkungan kampung Blongkeng, seperti membersihkan makam, merapikan lapangan bola kaki, dan memeperbaiki jalan yang berlubang. Ini bentuk perhatian mahasiswa kepada masyarakat.

Program desa binaan ini pun tidak berhenti di sini saja, harapan kedepan nantinya adalah fasilitas yang dibuat dapat berfungsi sebagaimana mestinya untuk masyarakat Blongkeng. Kampung Blongkeng dipilih untuk Program desa binaan kali ini karenakan dinilai cukup sulit dibandingkan dengan kampung lainnya seperti di derah Sitikok.

0 komentar:

Post a Comment