Tuesday, October 1, 2013

Peralihan Fungsi Mushala

Mushala bagi umat islam adalah tempat yang suci sama halnya seperti masjid. Hal yang sama pun terjadi di Politeknik Negeri Batam.  Setiap jam sholat seperti dzuhur dan ashar, masjid yang berada di lantai satu selalu penuh dengan para mahasiswa yang ingin melaksanakan sholat. Karena adanya keterbatasan ruang tidak sedikit masjid yang ada di lantai satu baik tempat sholat serta untuk mengambil wudhu mengantri. Hal ini pun sudah diantisipasi oleh pihak kampus, mengingat mayoritas mahasiswa adalah muslim. Maka dibangunlah mushala – mushala kecil yang ada di setiap lantai, kecuali di lantai dua .  Guna mengantisipasi mengantri untuk shalat. Banyak mahasiswa yang lebih memilih sholat di lantai saru dibanding di lantai lain. Salah satunya adalah Hutari Lita.

Lebih enak aja sih kalo di lantai satu bisa jamaah sholatnya.Ungkapnya.
Tetapi di balik alasan diatas ternyata ada alasan lain, seperti pengalaman Surya Irma salah satu mahasiswa Akuntansi Manajerial.

Pernah nyoba sholat di lantai atas tetapi sampai disana mushalanya malah buat tempat tidur – tidur jadinya ya balik lagi ke lantai satu,” ujar Surya.


Ternyata mushala yang sewajarnya sebagai tempat beribadah beralih fungsi menjadi tempat leyeh – leyehan beberapa mahasiwa. Bukan hanya di satu  lantai, tapi di beberapa lantai fungsi mushala telah  disulap menjadi tempat tidur dadakan.

0 komentar:

Post a Comment