Friday, June 28, 2013

ANNIDA Goes to Campus

Sabtu (01/6),  Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Paradigma melaksanakn acara seminar nasional dengan menggandeng majalah ANNIDA Jakarta sebagai pemateri sekaligus sponsor. Acara bertemakan “ Membentuk Pemuda berkarakter, modis dan kreatif” ini  berlangsung di ruang serba guna Politeknik Negeri Batam  dengan peserta lebih dari 100 orang. Peserta tersebut terdiri dari mahasiswa, siswa bahkan hingga ibu-ibu.
Seminar ini diselenggarakan atas kerja sama dari dua organisasi mahasiswa Politeknik Negeri Batam, yaitu Ikatan Mahasiswa Muslim Mahasiswa Politeknik Negeri Batam (IMMPB) dan Lembaga Pers Mahasiswa Paradigma (LPM) Politeknik Negeri Batam. Acara ini diadakan dengan tujuan untuk membangun rasa saling mendukung dan meningkatkan kerja sama antar Ormawa (Organisasi Mahasiswa) di kampus Politeknik Negeri Batam. Karena hal tersebut, kedua organisasi ini bersatu padu untuk menyelenggarakan seminar ini dengan baik.
Tim dari majalah ANNIDA Jakarta terdiri dari 4 orang. Merekalah yang menjadi narasumber utama dan satu-satunya pada seminar ini. Seminar ini terdiri dari tiga sesi. Setiap sesi berlangsung selama kurang lebih 2 jam. Sesi pertama dengan materi hijab class dimulai pukul 08.30 WIB setelah kata sambutan dari Ketua pelaksana, Muhammad Ali  dan Ketua LPM Paradigma Politeknik Negeri Batam, Jessica Olifia.
Sesi kedua dilanjutkan pada pukul 10.10 WIB, dimana sesi ini dimulai dengan kata sambutan dari Pembantu Direktur III bidang Kemahasiswaan. Sesi kedua ini merupakan sesi materi tentang karakter kepemudaan dalam islam. Sesi ketiga dilanjutkan setelah istirahat makan siang, sekitar pukul 13.00 dengan materi jurnalistik.
Sesi pertama dan kedua dari seminar ini diisi oleh narasumber yang merupakan pimpinan redaksi majalah ANNIDA Jakarta yaitu  Shinta Dewi Indriani. Beliau dengan apiknya oleh beliau sehingga sangat membuat peserta antusias untuk bertanya dan bertanya lagi, terutama pada sesi hijab class. Sesi ini membahas serta mempraktikkan cara berjilbab yang syar’I namun tetap modis untuk para wanita. Sesi ketiga yang membahas tentang jurnalistik diisi oleh salah satu reporter majalah ANNIDA dan majalah UMMI Jakarta, yaitu mbak  Ken.
Acara berlangsung cukup sukses. Antusias peserta dalam menyimak dan mengikuti setiap sesi seminar sangat terlihat dengan banyaknya peserta yang melontarkan pertanyaan. Selain itu, doorprize yang disediakan oleh tim ANNIDA juga membuat seminar menjadi seru dan interaktif. Peserta menjadi aktif bertanya dengan kritis. Selain penyampaian materi, narasumber juga menambahnya dengan praktik langsung yang seru, seperti parktik cara mengenakan jilbab syar’I dan modis dengan berbagai gaya dan model serta praktik simulasi membuat majalah dengan penentuan nama majalah dan sasaran pembaca yang dituju. Praktik jurnalistik juga diisi dengan persaingan membuat pertanyaan wawancara terbaik yang dilakukan perkelompok.

Acara ini berakhir sekitar pukul 15.30 WIB dan ditutup dengan pemberian plakat kepada para pembicara. Para peserta keluar ruangan seminar dengan wajah puas atas ilmu yang telah mereka dapat dari seminar nasional ini. (JO)

0 komentar:

Post a Comment