Monday, April 8, 2013

PoliBatam Masuk 16 Besar Nasional Indonesian Tax Festival


Indonesian Tax Festival merupakan perlombaan Perpajakan yang diselenggarakan oleh STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) Jakarta, khususnya oleh Ikatan Mahasiswa Pajak. Acara ini diselenggarakan pertama kali oleh STAN dengan dukungan dari Direktorat Jendral Pajak. Lomba dilaksanakan dalam dua babak, penyisihan regional dan final. Penyisihan dilakukan di beberapa kota besar seperti Jakarta, Medan, Pekanbaru, Yogyakarta, Bandung dan beberapa kota lain di Indonesia.

Politeknik Negeri Batam turut serta dengan mengirimkan satu tim yang terdiri dari tiga mahasiswa jurusan Akuntansi semester 4 untuk mengikuti penyisihan Indonesian Tax Festival regional Medan (9/3). Ketiga Mahasiswa ini telah mengikuti pembekalan selama kurang lebih satu bulan oleh beberapa Dosen.

Penyisihan tersebut berlangsung serentak di masing-masing kota. Tempat pelaksanaan lomba regional Medan tepatnya di Kantor Keuangan kota Medan. Untuk regional Medan, penyisihan hanya diikuti oleh empat tim, satu tim dari Politeknik Negeri Batam, 2 tim dari Universitas Negeri Medan dan satu tim  dari Politeknik Negeri Medan.

Rangkaian penyisihan (Pre-Eliminary Indonesian Funtaxtic) ini hanya berlangsung kurang lebih 2 jam. Pada babak pertama setiap tim wajib menyelesaikan satu paket soal yang terdiri dari 150 soal pajak dalam waktu 90 menit. Soal tersebut terdiri dari 120 soal objektif dan 30 soal isian singkat. Dalam waktu yang singkat, peserta dituntut untuk dapat bekerja sama menyelesaikan soal-soal dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Setelah babak pertama usai, dilanjutkan babak kedua dengan selang waktu istirahat hanya 10 menit. Babak kedua merupakan soal listen and think fast dimana peserta harus dapat mendengar, membaca sekaligus berfikir cepat untuk menjawab pertanyaan yang tertera di infocus berupa video yang telah disetting sedemikian rupa.

Setelah melewati serangkaian babak pre-eliminary Funtaxtic, hasil dari penyisihan tersebut diumumkan lewat website resmi Indonesian Tax Festival. 15 besar perguruan tinggi yang namanya tertera, dinyatakan lulus dan akan melanjutkan rangkaian lomba final di Jakarta, tepatnya di STAN.

Penilaian ini di rangking secara nasional dan dari 61 tim yang mengikuti penyisihan, Politeknik Negeri Batam menduduki posisi ke 16 serta memiliki beda poin yang sangat tipis dengan posisi 15 yang diraih oleh tim dari Universitas Indonesia, yaitu hanya selisih 2 poin. Hasil ini tentu mengecewakan sekaligus membahagiakan. Pasalnya, Politeknik Negeri Batam nyaris lolos ke babak final. Namun, posisi ke 16 juga merupakan hasil yang membahagiakan karena diluar perkiraan.

Dengan hasil tersebut, semoga bisa menjadi pemacu PoliBatam agar lebih matang dalam mempersiapkan Mahasiswa yang akan diutus untuk mengikuti lomba-lomba selanjutnya, sehingga hasilnya akan lebih baik lagi. (J.O)          

0 komentar:

Post a Comment