Friday, June 29, 2012

liburan? Masak Yukk


Ujian akhir semester telah usai, tinggal menunggu hasil Indeks Prestasi dan menghabiskan masa liburan yang cukup panjang. Rasanya pasti menyenangkan membayangkan rencana apa saja yang akan dilakukan selama libur. Seperti berjalan-jalan ke tempat pariwisata bersama orang-orang terdekat, mengunjungi rumah saudara, travelling, wisata kuliner, bahkan banyak juga yang berniat untuk kerja paruh waktu selama libur. Ya, hitung-hitung lumayan unuk menambah uang saku dan melatih diri menjadi lebih mandiri. Tapi, mungkin banyak dari kita lebih memilih untuk menghabiskan waktu libur dengan membantu orang tua di rumah, mandi, makan dan tidur.

Nah, supaya teman-teman tidak bosan menghabiskan waktu libur di rumah, ada baiknya teman-teman melakukan sesuatu yang bermanfaat dan menguji kretivitas kita. Salah satunya yaitu belajar memasak. Tidak ada salahnya teman-teman mengisi waktu libur dengan belajar memasak. Belajar memasak tidak hanya untuk perempuan saja lho, teman-teman yang laki-laki juga perlu belajar memasak. Siapa tau nanti teman-teman bisa membuka bisnis kuliner yang menguntungkan.

Dengan belajar memasak, nantinya kita bisa membuat makanan favorit kita sendiri, mempersembahkan masakan kita untuk orang-orang terkasih, bahkan bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Memasak untuk kita terutama para mahasiswi juga menjadi aset masa depan yang berharga lho. Tak hanya itu, belajar memasak juga bisa membuat kita jadi lebih kreatif. Karena masakan itu tidak ada batasnya, ada saja menu masakan baru yang bisa diciptakan oleh semua orang. Kita juga bisa menuangkan kreativitas kita dengan memberikan garnish (hiasan)pada masakan kita sebelum disajikan.

Sebaiknya teman-teman yang ingin belajar memasak, mulailah dengan masakan yang sederhana dulu. Seperti nasi goreng, sup, tumisan, dan aneka lauk yang digoreng. Setelah itu, barulah teman-teman belajar memasak yang sedikit lebih sulit seperti memasak yang bersantan, memanggang dan begitulah seterusnya hingga temen-temen bisa berkreasi dengan masakan sendiri.

Ada baiknya pula teman-teman belajar memasak dengan menggunakan bahan dasar yang sama tapi menjadi masakan yang beraneka macam. Contohnya nasi goreng. Nasi goreng sendiri ada berbagai macam, seperti nasi goreng seafood, nasi goreng jawa, nasi goreng kambing, nasi goreng sambal ijo dan berbagai varian nasi goreng yang bisa kita ciptakan sendiri.

Teman-teman bisa belajar memasak dengan bertanya langsung ke orang yang paling jago masak di rumah, melalui buku resep masakan, browsing di internet, atau menonton acara memasak yang banyak di siarkan di televisi.

Sebaiknya pula teman-teman belajar memasak satu hari satu menu saja, supaya waktu libur yang panjang dapat digunakan dengan maksimal untuk belajar memasak. Selain itu juga hasil belajar teman-teman jangan lupa dipersembahkan untuk keluarga tercinta ya, supaya teman-teman terus termotivasi untuk memasak lebih baik lagi.

Artikel dari Puspa Dewi Wydianti

0 komentar:

Post a Comment