Thursday, May 10, 2012

Anehnya Mahasiswa Masa Kini

Dulu, ketika mendengar nama mahasiswa, maka orang akanberdecak kagum dan iri. Dulu, ketika seseorang menjadi mahasiswa makakebanyakan orang akan menjalani kuliahnya dengan serius dan tekun. Dulu, mahasiswasenang dan bersemangat ketika mendapat tugas yang banyak dan berat dari dosen.

Itu semua dulu. Beda sekali dengan keadaan mahasiswa sekarang. Di eramilenium ini, budaya, kebiasaan dan karakter mahasiwa sudah berubah. Perubahanini cenderung kearah perubahan yang aneh. Khususnya mahasiswa negerikuIndonesia.

Kalau dulu jika tidak ada jamkuliah, biasanya mahasiswa berbondong-bondong memasuki perpustakaan untukmembaca buku sendiri ataupun secara kelompok membahas materi bersama-sama. Tapisekarang, jika ada jam kuliah yang kosong, rata-rata mahasiswaberbondong-bondong menuju kantin untuk makan, taman untuk ngerumpi bagi yangcewek, online facebook, twitter, bahkan ada yang ke mall untuk shopping atausekedar cuci mata saja.

Kalau mahasiswa dulu, akan kecewa ketika mendengar dosennya datang dan izinuntuk tidak mengajar pada saat itu. Tapi sekarang, ketika mahasiswa mendengar hal tersebut, maka satukata yang mereka akan ucapkan dengan keras dan serentak, adalah “Horeeeeee!”.Mereka merasa senang karena itu artinya mereka bebas dari kewajiban belajarsaat itu. Mereka dalam hal ini adalah rata-rata mahasiswa sekarang padaumumnya.

Kalau mahasiswa dulu, akan membaca materi yang akan dibahas esok hari padamalam harinya. Tetapi mahasiswa sekarang hanya akan membaca materi ketika esokharinya akan ujian. Jadi ketika ada ujian mendadak, mereka akan serentakmengatakan, “Tidakkkkk!”, atau “Yahh, Ibu/Bapak, tundalah Bu/Pak ujiannya,belum belajar ni Bu/Pak!”.

Hal-hal diatas adalah fakta yang terjadi ditengah kehidupan mahasiswaIndonesia saat ini. Tentunya tidak semua mahasiswa Indonesia yang bertindak danberfikir seperti itu, tetapi mahasiswa pada umumnya saat ini. Jika mahasiswasaat ini tidak berlaku dan bertindak seperti itu, berarti dia adalah mahasiswayang tidak pada umumnya, yaitu Mahasiswa Luar Biasa.

Hal ini berakibat mahasiswa saat inikurang kreatif dan tidak mandiri. Mereka rata-rata hanya menunggu materi daridosen dan enggan untuk mengembangkannya dengan mencari referensi lain diluarjam kuliah.

Sebenarnya Mahasiswa sekarang rugi ketika dosen tidak bisa mengajar ataupundosen telat mengajar, karena mendapat pelajaran dari dosen adalah hak semua mahasiswa.Anehnya mahasiswa sekarang senang jika haknya tidak terpenuhi. Padahal merekasudah memenuhi kewajiban mereka yang salah satunya membayar uang kuliah.

Realita ini harus kita renungkan bersama, khususnya kita sebagai seorang mahasiswa.Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut, takutnya akan menjadi budaya turunanbagi mahasiswa generasi masa depan. Jika hal itu terjadi, mau dibawa kemananegara ini jika mahasiswa yang notabene sebagai agent of change saja bertindak seperti itu. Jadi, ayo teman-teman mahasiswa,rubah budaya yang tidak baik ini dan jadilah mahasiswa yang dapat menjadi agent of change untuk negara yang lebihbaik. (jsc)

0 komentar:

Post a Comment