Monday, April 30, 2012

Kuliah Umum dengan DPD !!

Selasa, 17April 2012, Politeknik Negeri Batam kedatangan tamu penting, yaitu ketua DPD,Irman Gusman. Kedatangan beliau adalah dalam rangka memberikan kuliah umum bagimahasiswa-mahasiswi Politeknik Negeri Batam.
Kuliah umumini dilangsungkan di ruang Auditorium A Politeknik Negeri Batam. Di mulai pukul10.00 Wib dan berlangsung sekitar hampir tiga jam.
Banyak materiyang sangat bermanfaat yang disampaikan oleh Irman Gusman dalam kuliah umum ini. Materi tersebut terkaitdengan bagaimana menjadi seorang yang sukses dalam belajar dan sukses di dalamkehidupan.
Materi-materiyang disampaikan begitu menarik, dan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagipara peserta yang hadir. Dan pada akhir acara, diadakan penyeleksian hasilrangkuman materi kuliah umum terbaik yang dibuat oleh paramahasiswa-mahasiswi Politeknik NegeriBatam.
Dan dibawah ini adalah hasil rangkuman materi kuliah umum dengan tema "Peran Pendidikan dalam Pembangunan Daerah" tersebut :

Berdasarkan materi yang telahdisampaikan oleh Bapak Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI), Bapak IrmanGusman, yang telah berkenan meluangkan waktu beliau untuk dapat berbagi ilmudan pengetahuan baru bagi kami para mahasiswa Politeknik Negeri Batam, padakuliah umum yang diadakan di audit A Polteknik Negeri Batam, pada hari Selasa,17 April 2012 lalu. Adapun materi tersebut terangkum sebagai berikut.
Batam merupakan salah satukawasan atau wilayah yang berpotensi untuk maju. Apalagi setelah ditetapkannya Batam sebagaikawasan perdagangan bebas atau biasa dikenal dengan istilah Free Trade Zone(FTZ), sehingga angka pencapaian Batamsaat ini dalam bidang perekonomian lebih besar jika dibandingkan dengan angkaperekonomian rata-rata nasional.
Sebagai seorang mahasiswaseharusnya kita merasa bangga dan beruntung bisa menimba ilmu di salah satupoliteknik terbaik dan terletak di kawasan yang sedang berkembang seperti Batamini.
Negara kita Indonesia, dimatadunia sudah terkenal sebagai negara yang tidak pernah menggunakan otak, itubahasa kasarnya. Bahkan diilustrasikan dalam sebuah joke atau lelucon. Sebenarnyahal itu bisa dikatakan sebagai sebuah sindiran untuk negara Indonesia sendiri.Artinya, dunia selama ini telah menilai bahwa negara Indonesia seburuk itu.Harusnya sebagai warga negara kita merasa malu akan hal tersebut , walaupun ituhanyalah sebuah joke/lelucon.
Untuk itu, tugas kita sebagaigenerasi muda penerus bangsa adalah mengubah pandangan dunia yang burukmenjadi pandangan yang baik tentangnegara kita, Indonesia. Bagaimana caranya? Tentunya kita harus memperbaikikarakter bangsa terutama dari diri sendiri, dengan mengikuti tips suksesbelajar dan sukses kehidupan yang telah disampaikan oleh Bapak Irman Gusmanpada kuliah umum lalu, yang beliau dapatdari seorang ahli entrepeneur. Adapuntips tersebut antara lain :
1. Brain (Kecerdasan)
Pada dasarnyasetiap manusia memiliki mesin kecerdasannya masing-masing dan setiap manusiaberpotensi untuk menjadi cerdas. Semua itu tergantung pada seberapa besar usahadari manusia itu sendiri dalam mengasah kemampuan dan memaksimalkan penggunaandari mesin kecerdasannya. Besar kecilnya tingkat kecerdasan seseorang adalahcerminan dari usaha yang telah dilakukan dalam memaksimalkan mesinkecerdasannya. Semua itu tergantung dari manusia itu sendiri.
Sebagaimahasiswa, untuk menjadi sukses dalam belajar serta kehidupan salah satunya adalahdengan menggunakan Brain kita denganbaik dan maksimal. Terus mengasah segala potensi yang dimiliki, karena padadasarnya juga manusia memiliki potensi untuk bisa, tetapi tergantung pada inginatau tidaknya manusia itu belajar dan berlatih. Brain ini sendiri merupakan sumber kemakmuran masa depan. Artinya,jika kita telah memanfaatkan Brainkita dengan baik dan secara maksimal, akan mudah bagi kita memperolehkemakmuran di masa depan.

2. Dream (Mimpi)
Sebagaimahasiswa kita harus berani bermimpi. Kenapa begitu? Karena mimpi merupakanvisi dalam melihat masa depan. Dengan memiliki mimpi, kita telah memilikicita-cita atau semacam target yang ingin kita capai di masa depan. Denganbermimpi untuk menjadi atau mencapai sesuatu, seluruh tubuh kita seolah-olahbergerak dan mendorong untuk kita mewujudkannya. Selain itu, mungkin saja AllahSWT dan malaikat-malaikat serta seluruhalam ikut mengamini sehingga tidak menutup kemungkinan untuk terwujudnya mimpiitu. Ada sebuah cerita singkat yang saya ingat sedikit dari yang telahdisampaikan oleh Bapak Irman Gusman terkait dengan dream, yaitu ada seorang anak di pelosok suatu daerah, yang ketikaditanya dan diminta untuk menuliskan cita-citanya, sang anak menulis inginmenjadi seorang menteri keuangan. Dan siapa sangka mimpi anak tersebut terwujuddan beliau menjabat sebagai menteri keuangan sungguhan. (tetapi saya lupa akannama beliau). Itu adalah salah satu bukti bahwa tidak ada yang tidak mungkin.Asalkan kita berani untuk bermimpi dan berusaha untuk mewujudkan mimpi-mimpikita.
3. Spirit (Semangat)
Dalammewujudkan segala keinginan, mimpi, cita-cita serta menjalani hidup sangatdibutuhkan semangat (Spirit). Denganadanya spirit, tidak akan ada kata menyerah dan putus asa yang bakalmenghampiri kita. Segala sesuatu yang dilakukan dengan spirit, insya Allah akanmembuahkan hasil yang sesuai dengan usaha yang telah dilakukan. Sebagaimahasiswa sangat diperlukan spirit, karena jika tidak ada spirit dalammasing-masing diri mahasiswa tentunya segala proses belajar dan pengembangandiri yang dilakukan mahasiswa tidak akan menghasilkan apapun. Spirit juga diperlukan dalam mengembangkanmesin kecerdasan (Brain) dan mewujudkan mimpi kita (Dream) untuk masa depan.
4. Confident (Percaya diri)
Kepercayaandiri juga menjadi salah satu tips penting untuk sukses belajar dan sukseskehidupan. Karena dengan adanya rasa kepercayaan diri, kita akan selalu merasamampu untuk mengatasi dan menjalani segala hal guna mewujudkan keinginan,mimpi, serta cita-cita kita. Sebagai mahasiswa, kepercayaan diri selain dapatdibentuk dalam akademik, juga dapatlebih besar terbentuk dari kegiatan non-akademik seperti salah satunyaberorganisasi.
5. Pray (Doa)
Dan tipssukses yang terakhir adalah pray atau doa. Karena yang menentukan segala haladalah pencipta alam semesta Allah SWT, yang Maha Membuat Keputusan. Segalausaha yang dilakukan tanpa disertai dengan doa, tidak akan diperoleh secaramaksimal. Jika diilustrasikan dalam persentase untuk memperoleh suatupencapaian dibutuhkan , usaha 30% sedangkan 70% adalah doa, karena dengan telahmelakukan segala usaha, yang menentukan hasil dari usaha kita itu adalah sangPencipta. Maka dari itu untuk menyempurnakan usaha yang kita lakukan gunamewujudkan keinginan, mimpi dan cita-cita adalah dengan berdoa.



0 komentar:

Post a Comment