Friday, November 14, 2008

Memperkenalkan KEPRI melalui Fotografi


  • Pelatihan Fotografi Dasar Focusejahtera

Wafit, Batam
redaksi_pn@yahoo.com

Sabtu (25/10), tepatnya di Hotel PIH (Pusat Informasi Haji) kemarin diadakan seminar tentang Pelatihan Fotografi Dasar. Kegiatan yang diprakarsai oleh Focusejahtera ini disambut antusias oleh para peminat fotografi dan penulisan di Kota Batam.

Pelatihan Fotografi yang terbuka untuk umum ini diikuti oleh para mahasiswa serta pelajar SMU di batam seperti SMUN 3, SMU Hang Tuah, UIB, UNIBA, UNRIKA, UMRAH dan Politeknik.

Tujuan diadakannya Pelatihan Fotografi Dasar ini menurut hasil wawancara kami dengan Subagio adalah agar para mahasiswa dan siswa SMU mendapatkan ilmu tentang fotografi. “Selain itu dengan adanya Pelatihan Fotografi Dasar ini diharapkan dapat menawarkan potensi KEPRI melalui karya fotografi, jadi kita dapat memperkenalkan foto-foto keindahan alam KEPRI di kancah dunia melalui hasil jepretan kamera kita”, papar Subagio.

Dalam pelatihan yang dibagi dalam dua sesi ini, hadir dua orang pemateri yang cukup mumpuni di bidangya yaitu Bang Ferry, wartawan senior Sijori dan Bang Tundra, fotografer Sijori.

Sesi pertama diisi dengan materi teknik penulisan yang disampaikan oleh Bang Ferry. “Jurnalistik atau penulisan memiliki keterkaitan atau kekuatan yang tidak bisa dipisahkan karena suatu berita tanpa adanya foto akan terasa kurang sekali, begitupun sebaliknya” terangnya dalam pelatihan tersebut.

Pada kesempatan ini bang Ferry banyak memberi masukan tentang bagaimana menjadi seorang wartawan yang baik dan cara-cara membuat suatu berita yang mempunyai nilai lebih.

Selain itu antusias dari para tamu undangan yang kebanyakan dari kalangan mahasiswa, sangat bagus. Ini tampak pada serangan pertanyaan-pertanyaan yang di jatuhkan para audience pada pemateri.

Seperti yang dikatakan salah seorang pelajar SMU 3 bahwa, “kegiatan ini sangat bagus sekali, karena saya mendapatkan banyak ilmu pengetahuan tentang jurnalistik serta fotografi dari pelatihan ini”

Sekitar jam 12.00 WIB para peserta Pelatihan Fotografi Dasar diberi waktu untuk istirahat selam satu jam dan melaksanakan ibadah sholat serta makan siang. Setelah itu sekitar jam 01.00 para peserta kembali lagi kedalam ruang pelatihan.

Pada sesi selanjutnya Bang tundra yang sudah banyak mendapat penghargaan di bidang fotografi mejelaskan secara panjang lebar kepada para peserta tentang sejarah fotografi , tidak hanya itu beliau juga mempraktekkan cara-cara pengambilan gambar yang baik dengan istilah “komposisi bayangan” atau bagaimana memfokuskan gambar agar kelihatan lebih bagus dan indah. Selain itu beliau juga membuka beberapa pertanyaan pada para peserta pelatihan fotografi dasar bagi yang kurang paham.

Pelatihan Fotografi Dasar ini berakhir sekitar jam 04.00 WIB. Namun sebelum berakhirnya acara ini subagio sebagai ketua pelaksana Pelatihan Fotografi Dasar ini mengajak para peserta undangan agar dapat bergabung di BPC (Badan Photografi Club) khusus untuk pelajar dan mahasiswa, namun akan dibicarakan lagi setelah pertemuan berikutnya yaitu 3 minggu setelah pertemuan ini. Sembari para peserta Pelatihan Fotografi pulang, para peserta dibagikan Certifikat serta CD yamg berisikan materi fotografi yang amat berguna untuk dibaca.

0 komentar:

Post a Comment