Thursday, September 18, 2008

Politeknik Pertahankan ISO

Mendapatkan sertifikasi ISO merupakan suatu hal yang membanggakan. Seperti yang selama ini telah didapatkan Politeknik Batam yaitu ISO 9001 : 2000. ISO 9001 : 2000 sendiri merupakan suatu standar international untuk sistem manajemen kualitas.

ISO 9001:2000 menetapkan persyaratan-persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen kualitas, yang bertujuan untuk menjamin bahwa organisasi akan memberikan produk (barang dan/atau jasa) yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Persyaratan-persyaratan yang ditetapkan ini dapat merupakan kebutuhan spesifik dari pelanggan, di mana organisasi yang di kontrak itu bertanggung jawab untuk menjamin kualitas dari produk-produk tertentu atau merupakan kebutuhan dari pasar tertentu, sebagaimana ditentukan oleh organisasi.

Dalam lingkungan perguruan tinggi, yang dimaksud dengan penjaminan mutu atau kualitas adalah pelayanan jasa yang diberikan oleh perguruan tinggi terhadap stakeholder, yang terdiri dari mahasiswa, alumni, pengguna lulusan/dunia industri dan orangtua mahasiswa.

Untuk mempertahankan sertifikat ISO 9001:2000, maka Politeknik Batam akan dikunjungi oleh URS selaku pihak yang memberikan rekomendasi sertifikasi tersebut dalam rangka surveilance audit pada tanggal 15-17 September 2008. Surveilance audit ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap lembaga yg mendapatkan sertifikasi ISO.

Setelah berakhirnya surveilance audit oleh URS selama 3 hari (15-17 September 2008), maka Politeknik Batam diputuskan tetap berhasil mempertahankan Sertifikasi ISO 9001:2000.

Dalam Closing Meeting pada hari Rabu (17/9), Bapak Paulus T Hardjanto selaku Lead Auditor dari URS mengemukakan bahwa seluruh prosedur yang ada di Politeknik Batam telah dilaksanakan dengan baik sehingga dengan demikian Politeknik Batam tetap mempertahankan Sertifikasi ISO 9001:2000. Hal tersebut menjadi keberhasilan yang kedua kali bagi Politeknik Batam untuk mempertahankan setifikasi tersebut. Yang pertama adalah pada Surveilance Audit pertama pada September 2007.

(sumber : polibatam.ac.id)

0 komentar:

Post a Comment